mobilinanews

Microlino, Reinkarnasi BMW Isetta Bertenaga Listrik

Sabtu, 25/08/2018 15:35 WIB
Microlino, Reinkarnasi BMW Isetta Bertenaga Listrik
Microlino, mobil mungil ikonik bertenaga listrik reinkarnasi BMW Isetta. (foto: autoblog)

mobilinanews (Swiss) – 56 tahun silam, pabrikan asal Bavaria BMW pernah memproduksi mobil perkotaan dengan dimensi mungil dan ikonik yang dapat menampung dua orang saja. 

Kini sebuah perusahaan Swiss berencana untuk memperkenalkan kembali mobil serupa melalui sebuah konsep yang dijuluki Microlino.

Tak heran, Microlino dianggap sebagai reinkarnasi BMW Isetta namun kini bertenaga listrik.

Mobil perkotaan ini hanya dilengkapi satu pintu depan yang dapat membuka bagian bonnet sebagai satunya-satunya akses masuk ke kabin, persis seperti Isetta.

Microlino memiliki panjang 2,4 meter saja dan juga menawarkan ruang bagi dua orang penumpang. 

Dengan dimensi mungil dan posisi pintu di bagian depan, Microlino memiliki kemampuan untuk parkir di tempat yang cukup sempit, sama seperti keunggulan microcar lainnya. 

Meskipun terlihat mungil, Microlino menawarkan volume ruang bagasi yang cukup lega mencapai 300 liter. 

Untuk memangkas biaya produksi, mobil ini dirancang dengan interior yang sederhana, menggunakan versi modifikasi motor listrik yang digunakan pada fork-lift, serta door handle dari Fiat 500.

Microlino mengandalkan sebuah motor listrik bertenaga 20 HP yang mampu membawanya melaju hingga 90 km/jam. 

Mobil listrik ini ditawarkan dalam dua pilihan kapasitas baterai, yakni 8 kWh dan 14.4 kWh dengan jangkauan jarak tempuh 120 km hingga 215 km. 

Pengisian daya melalui soket listrik domestik konvensional membutuhkan waktu empat jam, sementara konektor Tipe 2 dapat memangkas waktu pengisian menjadi hanya satu jam saja. 

Proses produksinya akan dimulai jelang akhir tahun oleh pabrikan Italia, Tazzari, yang memiliki 50 persen kepemilikan perusahaan Microlino AG.

Tazzari sendiri merupakan produsen mobil listrik berdimensi kompak. Sejumlah unitnya pernah dipasarkan di Indonesia melalui jalur importir umum.

Rencananya, pada tahap awal Microlino akan dibuat sebanyak 100 unit di tahun ini.

Kemudian lanjut 1.500 - 2.000 unit pada tahun 2019. Nantinya jumlah produksi akan ditingkatkan menjadi 5.000 mobil per tahun. 

Microlino AG telah menerima lebih dari 7.200 pesanan dengan harga mulai dari 12.000 Euro untuk setiap unitnya.

Boleh juga, nih. (anto)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo