mobilinanews

Hino Uji Mesin Common Rail Dengan Metode Engine Bench Test untuk Konsumsi Biodiesel B20

Jum'at, 07/09/2018 14:30 WIB
Hino Uji Mesin Common Rail Dengan Metode Engine Bench Test untuk Konsumsi Biodiesel B20
Mesin Common Rail Diesel kepunyaan Hino siap mengkonsumsi Biodiesel B20. (foto: Hino)

mobilinanews (Jakarta) - PT Hino Motor Sales Indonesia menyatakan telah siap untuk implementasi B20 terkait dengan Pemerintah yang telah merampungkan implementasi program mandatori biodiesel 20% (B20) secara keseluruhan .

Hino sejak tiga tahun yang lalu telah melakukan pengujian pada mesin dengan teknologi common rail dengan metode uji engine bench test. 

Pengujian tersebut dilakukan di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP-BPPT) selama 400 jam dengan beban penuh pada putaran mesin maksimum yaitu 2.500 rpm selama 8 jam/ hari. 

Metode uji tersebut merupakan metode yang disarankan oleh prinsipal Hino di Jepang yaitu Hino Motors, Ltd. yang diklaim lebih memaksa mesin melakukan performa maksimal jika dibandingkan dengan road test atau kondisi pemakaian aktual di jalan.

Hasil uji ini tidak terlepas dari produk-produk Hino yang khususnya mesin common rail sudah dilengkapi dengan spesifikasi komponen khusus untuk mengkonsumsi bahan bakar B20. 

Seperti pada bagian Fuel Tank dilapisi oleh Chrome dan Stannum-Zync yang mampu menghambat laju korosi menjadi lebih lama. 

Selain itu pipe filler juga turut dilapisi oleh material yang dapat mencegah terjadinya endapan pada dinding pipa serta adanya Diamond Like Carbon coating pada injector menambah kekuatan injector untuk tahan terhadap gesekan. 

Hasilnya Kendaran Hino baik itu medium duty truck Hino New Generation Ranger, light duty truck Hino New Dutro dan Hino Bus sudah siap dan Hino mendukung upaya pemerintah dalam meminimalisir impor solar dan penghematan devisa dengan penggunaan bahan bakar nabati dari kelapa sawit.

 

Bagi pelanggan Hino, dengan dimulainya bahan bakar B20 ini direkomendasikan sering mengecek kendaraannya. 

Ganti filter bawah setiap 10.000 KM, bersihkan tangki bahan bakar setiap 3 bulan, dan tidak menggunakan bahan bakar lebih dari 3 bulan pengisian (jika kendaraan tersebut tidak beroperasi). 

Kandungan air yang ada pada biodiesel cukup tinggi  untuk itu pengurasan air yang ada di pre-fuel filter juga perlu dilakukan secara berkala pada bagian water separator (sedimentor) yang terdapat pada semua kendaraan Hino. 

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai kendaraan Hino dan perawatannya sehubungan dengan B20 konsumen dapat menghubungi Hino Customer Care Center 0 800 100 4466.

“Dengan pengunaan bahan bakar B20, diharapkan pengusaha maupun pengemudi truk melakukan kontrol dan perawatan yang lebih rutin,”  Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

Menurutnya ini dibutuhkan untuk mencegah atau meminimalisir penyumbatan filter sehingga kondisi kendaraan tetap terjaga dan bisnis dapat terus berjalan. (anto)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo