mobilinanews

IMI Pusat : MotoGP di Mandalika Positif, Berefek Domino Promosi Pariwisata

Sabtu, 23/02/2019 07:01 WIB
IMI Pusat : MotoGP di Mandalika Positif, Berefek Domino Promosi Pariwisata
Lay out sirkuit jalan raya MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kongkrit atau sama dengan wacana sebelumnya di bagian Indonesia lainnya?

mobilinanews (Jakarta) - Bakal digelar MotoGP street race pertama di dunia pada 2021 di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat, menjadi suatu hal yang positif bagi kemajuan olahraga otomotif di Indonesia. Dengan efek domino pada promosi pariwisata Indonesia.

Demikian disampaikan Jeffrey JP selaku Sekjen IMI Pusat ketika diminta komentarnya terkait rencana pelaksanaan seri balap motor dunia MotoGP di Mandalika, NTB.

"Kemungkinan lintasan yang akan dipergunakan merupakan jaringan jalan sesuai master plan dari kawasan Mandalika. Sebagai bagian dari promosi kawasan tersebut melalui activity event MotoGP," terang Jeffrey kepada mobilinanews.

"Sejauh ini, komunikasi pihak penyelenggara dengan IMI berjalan baik dan sesuai kapasitasnya," lanjut mantan navigator pereli Hutomo Mandala Putra ini.

Sirkuit Jalan Raya Mandalika akan menggelar MotoGP Indonesia mulai tahun 2021. Seperti apa layout lintasannya?

Diungkapkan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer, Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit jalan raya. Sampai musim ini, belum ada tuan rumah MotoGP yang memakai sirkuit jalan raya.

Dalam layout sirkuit yang diterima redaksi, dijelaskan kalau Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start/finis.

Sirkuit terdiri dari 18 tikungan. Belum diketahui apakah arah putaran sama dengan jarum jam atau justru berkebalikan. Beberapa sirkuit MotoGP yang arah putarannya berkebalikan dengan jarum jam adalah Austin, Aragon, dan Phillip Island.

Untuk sarana penunjang, area paddock akan memiliki 40 garasi untuk operasional tim balap.

 Sementara kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton. (hilary)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo