mobilinanews
Home »

Pabrik Hankook Indonesia Belum Produksi Ban Komersial, Ini Alasannya

Rabu, 18/09/2019 10:48 WIB
Pabrik Hankook Indonesia Belum Produksi Ban Komersial, Ini Alasannya
Salah satu proses finishing ban produk Hankook Indonesia di pabriknya di Cikarang, Jawa Barat. (anto)

mobilinanews (Cikarang) – Mobilinanews bersama sejumlah media nasional berkesempatan mengunjungi pabrik ban Hankook asal Korea Selatan yang berlokasi di Kawasan Delta Silicon Industrial Park, Cikarang, Jawa Barat (17/9/2019).

Pabrik ke-7 dari delapan pabrik ban Hankook di dunia ini merupakan satu-satunya pabrik ban Hankook di Asia Tenggara, memproduksi ban untuk layani pasar Mancanegara.

Pabrik seluas 60 Ha yang diresmikan Presiden RI SBY pada 17 September 2013 ini telah banyak memproduksi ban mobil penumpang, SUV dan Van. 

Khusus untuk segmen ban Komersial di Indonesia, produknya didatangkan dari pabrik Hankook di China dan Korea. Mengapa tidak diproduksi di dalam negeri?

“Sejak awal pabrik ini dibangun, produksinya memang diarahkan ke luar Indonesia,” ujar Yoon Keun Yoong, General Manager Corporate Management Team PT Hankook Tire Indonesia pada kesempatan yang sama.

“Tentunya kami masih studi dengan pihak prinsipal, karena untuk produksi ban komersial secara keseluruhan butuh investasi lebih lagi,” tambahnya.

Menurutnya, pabrik ban Hankook di Indonesia sudah phase 2 sejak 2015 dari yang direncanakan mencapai phase 5. Pada presentasinya, direncanakan mulai 2019 ini akan memproduksi ban komersial.

“Ini baru rencana, sepertinya tahun ini tertunda. Pabrik kami saat ini ada di phase 2, untuk produksi produk ban komersial semuanya harus phase 5,” jelas Yoon. 

Dalam lingkup global menurut Yoon, efek perang dagang antara Amerika Serikat dan China saat ini jadi salah satu faktor penyebab tertundanya rencana produksi ban komersial Hankook di Indonesia.

Dimana pasar Amerika Serikat disebut merupakan salah satu pasar terbesar untuk segmen komersial, yang selama ini disuplai dari pabrik ban Hankook di China jadi terhambat. 

Di Indonesia sendiri, pasar kendaraan komersial terus bertumbuh signifikan dalam beberapa tahun terakhir. (anto)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo