mobilinanews

3 Penggiat Gokart Ini Bicara Soal Event Padat 2020

Sabtu, 28/12/2019 11:45 WIB
3 Penggiat Gokart Ini Bicara Soal Event Padat 2020
Dari atas, searah jarum jam : Irjen Anang Boedihardjo, Endro Boediharjo, Iwan Semut Ireng dan Bennydictus Kurniawan Sulistio. (foto : kolase)

mobilinanews (Jakarta) - "Saya salut dengan pengelola Sirkuit Sentul Gokart yang betul betul dengan semangat tinggi ingin memajukan balap gokart di Indonesia. Sehingga telah merenovasi sirkuit dan perlengkapannya sedemikian rupa sehingga sekarang tampil beda," ujar Irjen Pol (P) Anang Boedihardjo, bos P-Five Racing.

Dengan kesiapan sirkuit itu, lanjut Anang, segera akan menyelanggarakan event AKOC 1 kali dan juga IAME X30 Series Asia 1 kali di Sentul International Karting Circuit (SIKC) Bogor.

"Bahkan saya dengar akan ada event 4 putaran Sentul Karting Weekend Race yang akan dilaksanakan tahun ini," lanjut Anang.

Yang menjadi pertanyaan ayah pembalap mobil andal Rio SB ini apakah setiap event yang diselenggarakan tersebut bisa banyak pesertanya, mrngingat biaya untuk balap gokart itu sangat mahal.

Bahkan ada yang bilang lebih mahal dari biaya balap mobil.

"Saya berada di sirkuit gokart ini sudah 5 tahun. Setiap tahunnya ada saja pembalap yang berhenti tidak balap lagi, bahkan yang masih latihan belum ikut balap sudah berhenti," terang Anang.

Menurut mantan Kepala Lalu Lintas Mabes Polri (sekarang Korlantas Polri) ini mungkin yang akan menjadi salah satu kendala untuk penyelenggara event maupun pengelola kalau sampai setiap tahunnya peminat gokart makin menurun.

Sehingga kita mesti pintar pintar untuk mencari bibit baru dan yang punya kans cukup untuk ikut balap.

Iwan Semut Ireng, pemilik tim yang banyak melatih Pegokart pemula menyebutkan semakin banyak event seharusnya akan membuat seorang pembalap semakin siaap menghadapi kejuaraan/balap gokart.

 "Tetapi kalau dalam 1 bulan ada 4 Kejuaraan balap gokart, pastinya akan berdampak kelelahan fisik seorang pembalap," ungkap Iwan.

Menurut dia, latihan dan balap itu sangat berbeda situasinya.

"Dalam kondisi balap, seorang pembalap gokart sangat dituntut stamina yang prima, kalau tidak pasti akan kedodoran di Final Race," terang Iwan lagi.

Tentunya, lanjut Iwan Semut, masalah lainnya adalah keuangan. 

"Bayangin harga ban sekarang 1 set rata rata Rp 3.000.000,-
Minimal harus punya 2 sets ban,  1 set untuk latihan dan 1 set lagi khusus untuk balap. Di musim hujan tambah 1 set ban hujan," imbuh Iwan.

Jenis/merk ban untuk AKOC atau ikutan balap gokart ESHARK apakah sama...?  Kalau sama merknya masih ok alias bisa membantu.

Dampak kurang baiknya, ya kelelahan fisik. "Terkecuali hari Senin, Selasa boleh libur dan itu akan dipergunakan untuk istirahat/tidur yang optimal.

Di mata Bennydictus Kurniawan Sulistio, orang tua pegokart menyebut cukup banyak event sih bagus untuk para pegokart Indonesia.

"Jadi positifnya, menjadikan ajang pengalaman bertanding dengan para pegokart Asia," ungkap Benny.

Toh, ayah pegokart Michael Orlando juga melihat sisi kurang baiknya. "Buat anak sekolah agak mempengaruhi waktu sekolah akan tersita," ujar Benny. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo