mobilinanews

Rally Monte Carlo 2020: Geser 2 Toyota, Neuville Dapuk Poin Maksimum

Senin, 27/01/2020 01:21 WIB
Rally Monte Carlo 2020: Geser 2 Toyota, Neuville Dapuk Poin Maksimum
Aksi Thierry Neuville (Hyundai i20 Coupe WRC) di Col de Turini, salah satu trek terkenal Monte Carlo. (Foto: motorsportweek)

mobilinanews (Monte Carlo) - Tetap percaya diri kala tertekan. Itu kunci sukses Thierry Neuville menjuarai seri pembuka FIA-World Rally Championship (WRC) 2020 di Monte Carlo, Monako, sekaligus meraih poin maksimal 30 angka di kejuaraan dunia.

Berada di posisi 3 di bawah dua joki Toyota hingga SS12, tak membuat nyali Neuville ciut memasuki 4 SS terakhir di kawasana pegunungan Alpen pada Minggu (26-1-2020).

Ia jalani Minggu ceria dengan tampil tercepat di 4 SS terakhir. Kepercayaan diri membuatnya sukses memilih ban terbaik pada lintasan aspal licin di berbagai lokasi karena dilapisi salju.

Membesut Hyundai i20 Coupe WRC, pereli Belgia itu hanya butuh dua SS untuk naik dari posisi 3 ke peringkat kejuaraan umum menggusur Sebastien Ogier (Toyota Yaris).

Dan, pada 2 SS terakhir akhirnya juga menggusur Elfyn Evans, joki Yaris lainnya yang memimpin lomba sejak awal. Yang tadinya defisit 6,4 detik dibalik Neuville jadi unggul 12,6 detik.

Ogier sendiri akhirnya merebut posisi runner up setelah balik ungguli Evans dengan selisih waktu 2,3 detik.

Ini sukses perdana Neuville memenangi seri Monte Carlo yang selalu menyajikan trek aspal berliku dan penuh tantangan di antara jurang dan lintasan licin.

Suksesnya semakin lengkap setelah menjuarai Power Stage (SS terakhir) dengan bonus 5 poin. Artinya, ia kini meraup 30 poin dan jadi pemimpin sementara kejuaraan dunia 2020.

"Kami tertinggal pada 3 hari pertama namun sukses membalik keadaan di hari terakhir. Ini cara hebat mengawali musim kompetisi 2020," ucap Neuville yang memenangi 9 dari 12 SS yang digelar.

Ogier, pemegang 6 titel juara dunia WRC dan baru musim ini membesut Toyota Yaris, merasa puas dengan posisi runner up dengan poin sementara 22 di klasemen.

"Mengawali musim dengan podium bersama tim baru tentu hal yang bagus. Saya benar-benar menikmati potensi yang dikandung mobil ini," kata driver Prancis itu soal Yaris WRC 2020 lansiran Toyota Gazoo Racing.

Bagaimana dengan Evans, pereli Inggris yang terbilang yunior dibandingkan Neuville dan Ogier?

"Hingga Sabtu malam kami happy, sebaliknya hari ini. Saya tak tahu persis dimana kesalahan hari ini selain yakin ada pekerjaan baru yang harus dilakukan. Tapi, secara keseluruhan, ini akhir pekan yang mengesankan."

Sayang, sukses Neuville sebaliknya menjadi drama tersendiri buat rekan setimnya di Hyundai. Sebastien Loeb sebagai pereli senior dengan 9 gelar WRC hanya bisa meraih posisi 6 di Monte Carlo 2020.

Sementara rekan satunya, Ott Tanak yang merupakan juara dunia bertahan, rontok di tengah jalan akibat kecelakaan dramatis di sesi Jumat lalu.

 

KLASEMEN SEMENTARA WRC 2020:

1. Thierry Neuville/Hyundai (30 poin)

 2. Sebastien Ogier/Toyota (22),

3. Elfyn Evans/Toyota (17),

4. Esapekka Lappi/Ford (13),

5. Kalle Rovanpera/Toyota (10),

6. Sebastien Loeb/Hyundai (8),

7. Teemu Suninen /Ford (7),

8. Takamoto Katsuta/Toyota (6). (rnp)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo