mobilinanews

Test Drive: Menjajal Performa Honda Civic Hatchback RS, Bikin Nagih

Jum'at, 21/02/2020 17:30 WIB
Test Drive: Menjajal Performa Honda Civic Hatchback RS, Bikin Nagih
Honda Civic Hatchback RS cocok untuk konsumen yang menginginkan mobil sporty dengan performa agresif

mobilinanews (Jakarta) - Usai meluncurkan Honda Civic Hatchback RS pada tanggal 6 Februari lalu, kali ini PT Honda Prospect Motor (HPM) memberikan kesempatan kepada para jurnalis untuk merasakan langsung sensasi Civic Hatchback yang sudah berlogo RS tersebut.

Kehadiran Civic Hatchback RS secara otomatis juga membunuh varian E dan S yang ada di edisi sebelumnya. Artinya, Civic Hatchback saat ini hanya ada satu varian yakni RS.

Dari sisi tampilan, lalu fitur eksterior dan interior mungkin sudah banyak dibahas di artikel-artikel sebelumnya. Karena itu, pada kesempatan ini, redaksi mobilinanews lebih tertarik menjajal performa mobil berbanderol setengah miliar ini.

Honda Civic Hatchback RS mengusung mesin 1.5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 5.500 rpm, yang terbesar di kelasnya. Pendistribusian tenaga juga disempurnakan oleh transmisi CVT 7 percepatan.

Benar saja, sensasi agresif namun tetap fun to drive sangat terasa apalagi dorongan turbo begitu responsif. Tapi yang jelas, sensasi ini tidak bisa didapat saat berkendara di tengah kota dengan kepadatan lalu lintas.

Kebetulan, rute test drive kali ini melewati tol Jakarta-Serpong, dan disinilah sesekali kami mencoba seberapa garangnya sedan sport ganteng lansiran Honda. Secara umum, akselerasi hingga kecepatan 100 km/jam dapat dicapai hanya dalam waktu beberapa detik saja. Bahkan top speed yang kami capai dengan cepat mendekati 180 km/jam.

Di kecepatan itupun, tenaga mobil masih terasa meminta lebih dan lebih. Namun karena pertimbangan safety, rasanya lebih bijak untuk menahan nafsu. Toh, apa yang ditawarkan Civic Hatchback RS ini sudah sesuai dengan ekspektasi kami dan konsumen yang memang menginginkan mobil dengan DNA sport mengarah ke spek racing.

Hal lain yang membuat Civic Hatchback RS ini semakin seru untuk dikendarai adalah pilihan mode S (Sport) di tuas transmisi. Ditambah dengan paddle shift di stir kemudi sehingga pengemudi bisa mengatur sendiri tenaga mesin dengan sensasi manual hanya dengan kontrol di ujung jari. Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS).


Fitur ECON untuk efisiensi bahan bakar

Meski demikian, Honda tetap menghadirkan fitur yang mendukung efisiensi bahan bakar lewat fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan fungsi-fungsi lainnya untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Fitur ECO Assist membantu memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara, dimana gaya pengendaraan akan diukur dan hasilnya ditampilkan secara real time pada indikator warna yang berubah menjadi hijau sebagai indikasi konsumsi bahan bakar yang efisien. Tingkat emisi Civic Hatchback RS juga telah lulus uji standar emisi EURO 2 oleh pemerintah Indonesia, bahkan memenuhi standar EURO 4 Compliance.

Begitu banyak teknologi canggih Civic Hatchback RS yang bisa dibahas. Namun dari sekian banyak fitur, hal yang paling fungsional dan akan sangat disukai konsumen adalah Smart Key, yang berfungsi mengunci, membuka, hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis.

Hal ini bertujuan agar udara sudah terasa sejuk saat pengemudi memasuki kendaraan. Teknologi Smart Entry memberikan kemudahan untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handle pintu. One Push Ignition System berfungsi untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol.

Sementara, fitur Cruise Control untuk melajukan kendaraan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi juga dapat mengendalikan kecepatan dengan tombol pengatur di roda kemudi. Untuk menambah kenyamanan dan keamanan, Honda Civic Hatchback juga dilengkapi fitur Rain Sensing Windshield Wiper serta Rear Parking Camera. (adr) 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo