mobilinanews

Sirkuit PON di Merauke Telah Dihomologasi IMI, Dyan Dilato : Pembalap Gaspol Nih

Jum'at, 01/05/2020 18:34 WIB
Sirkuit PON di Merauke Telah Dihomologasi IMI, Dyan Dilato : Pembalap Gaspol Nih
Sirkuit Merauke Papua untuk ajang balap motor PON Papua yang ditunda Oktober 2021. (foto : Pangky Ardamis)

mobilinanews (Jakarta) - Ini baru sirkuit, ini sirkuit baru. Nama sirkuitnya sendiri belum dilaunching alias belum diberi nama. Lokasinya di wilayah Kebun Cokelat Distrik Tanah Miring Kabupaten Merauke, Papua.

Ya, benar sirkuit tersebut bakal dipakai ajang cabor IMI balap motor Pekan Olahraga Nasional (PON) sedianya dihelat 20 Oktober- 2 November 2020. Namun karena wabah covid19, pelaksanaan PON bakal ditunda pada Oktober 2021.

Kemegahan sirkuit Merauke, fasilitas pendukung pun telah dibangun

Yang menarik dari sirkuit dengan panjang  1,95 km ini menurut Dyan Dilato selaku salah satu desainer dan Biro Safety IMI Pusat didesain layaknya sirkuit modern.

“Begini ya, sirkuit Merauke ini seluruhnya dirancang oleh IMI Pusat, termasuk saya di dalamnya, mengikuti sirkuit modern yang secara desain memang sangat dinamis dengan memperhatikan unsur safety,” ujar Dyan Dilato kepada mobilinanews.

 Mestinya lanjut Dyan, sirkuit balap motor seperti yang di Merauke ini, yang sejak awal dikonsultasikan dengan IMI Pusat dan Biro Safety, sehingga memenuhi seluruh unsur yang dibutuhkan untuk sebuah sirkuit yang tak hanya bisa dipakai ajang event nasional juga international.

Lintasan sepanjang 1,95 km telah dilakukan pembetonan

“Sirkuit Merauke udah kami homologasi, di mana saat ini pembangunannya terus berlangsung. Tidak hanya lintasan balapnya yang oke, juga fasilitas pendukungnya juga modern,” lanjut Dyan Dilato.

Sirkuit Merauke ini didesain mengikuti update terkini, dengan pembalap dituntut banyak flowing dan hanya ada 2 titik pengereman saja.

“Jadi motor bebek (underbone) bisa dipacu pol di gigi 3 dan 4. Bukan seperti di sirkuit-sirkuit yang harus sering hard breaking sampai mesin motor mati?,” terang Dyan Dilato yang merupakan anggota komisi balap motor FIM dan Race Direction ARRC Asia itu.

 Dyan Dilato saat track inspection di sirkuit Merauke

Dan menurut dia, pembalap tidak perlu kuatir karena sirkuit Merauke dibangun dengan memperhitungkan faktor safety sebagai hal utama, memperhatikan cornering hingga run out yang memenuhi syarat.

“Untuk mengetahui progress pembangunan Sirkuit Merauke, teman-teman bisa memantau dari medsos. Bahkan ada teman yang telah mengambil gambar kondisi terkini sirkuit melalui drone, yang netizen banyak melontarkan pujian terhadap sirkuit,” lanjut Dyan Dilato.

Sayangnya, PON Papua diundur menjadi Oktober 2021 akibat covid19. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo