mobilinanews

FIRST DRIVE: Renault Triber, Berkendara Impresif Dengan Tenaga Mesin Responsif

Kamis, 11/06/2020 19:50 WIB
FIRST DRIVE: Renault Triber, Berkendara Impresif Dengan Tenaga Mesin Responsif
Bicara soal performanya, meski berkapasitas kecil, terbilang mumpuni untuk mengarungi jalanan Ibukota. Akselerasi di putaran bawah cukup baik. (anto)

mobilinanews (Jakarta) – PT Maxindo Renault Indonesia akhirnya mulai mendistribusikan unit Renault Triber yang didatangkan utuh dari India, kepada calon konsumennya dan ke sejumlah dealer di Tanah Air.

MPV yang digadang menjadi calon penantang Toyota Avanza dengan harga mendekati Low Cost Green Car (LCGC) ini memberikan sejumlah keunggulan.

Mobilinanews berkesempatan merasakan impresi berkendaranya untuk pertama kali dalam sebuah kesempatan terbatas di kawasan BSD City Tangerang, Banten. (6/6/2020).

Fokus kami kali ini adalah pengendaraannya. Yang bikin penasaran, di balik dimensinya tertanam bekal sumber tenaga berkapasitas irit yang diusungnya. 

Hanya 1.000 cc, sama seperti andalan mobil entry level di kelas LCGC. Masuk ke kabinnya, akan merasakan nuansa yang beda.

Ambience yang menyenangkan hadir berkat paduan desain dasbor dan panel interior yang fresh bercitarasa mobil Eropa dengan kualitas material yang tidak bisa dibilang murahan.

Suguhan desain dasbor dan tata letak panel interior yang fungsional memudahkan pengemudi serta penggunanya, cukup mengesankan.

Apalagi didukung sistem hiburan berupa layar sentuh yang sudah terhubung ke Apple CarPlay dan Android Auto, membuat Triber seolah mengerti kebutuhan mobil keluarga kekinian. 

Renault juga melengkapi Triber dengan fitur-fitur canggih seperti driving-style coaching dan driver economy rating. Fitur-fitur ini belum ada di kelasnya. 

Bicara soal performanya, meski berkapasitas kecil, terbilang mumpuni untuk mengarungi jalanan Ibukota. Akselerasi di putaran bawah cukup baik. 

Begitu juga di putaran atas ketika kami uji di jalan tol dalam kota Jakarta, kecepatan 120 km/jam dengan mudah diraih.

Transmisi manual lima percepatan yang ditawarkan saat ini cukup memudahkan berkendara di tengah kemacetan, jalan sempit, tanjakan gedung parkir hingga parkiran yang kurang luas.

Sayangnya, durasi pengetesan yang terbatas dan terbentur aturan PSSB membuat kami belum bisa mengujinya secara maksimal.

Baik untuk pengendaraan jarak jauh, beban kabin maksimal hingga beragam kontur jalan yang kami rasa sanggup dilalui mobil ber-ground clearence 182 mm ini.

Namun, untuk kebutuhan berkendara di dalam kota saja kami merekomendasi mobil yang diproduksi oleh Renault India ini.

Renault Triber mengusung platform mini SUV Renault Kwid yang sudah dirancang ulang menjadi Low MPV berkapasitas tujuh penumpang. 

Layaknya Low MPV yang mengutamakan kepraktisan, jok  baris ketiga bisa dilipat untuk memberikan ruang lebih ketika pengemudi ingin membawa banyak muatan. 

Fitur keselamatannya dilengkapi dua airbag di bagian depan, ABS + EBD, sensor parkir belakang dan speed warning. 

Pada model tertingginya dilengkapi kamera mundur di belakang yang beresolusi tinggi dan membantu pengemudinya saat memarkirkan mobil dengan mudah. 

Sumber tenaganya, Triber dibekali mesin bensin tiga silinder berkode BR10 kapasitas 999 cc bertenaga 72 HP dengan torsi 96 Nm. 

Dipadu dengan transmisi manual lima percepatan, terbukti handal untuk mengarungi jalanan perkotaan. 

Kesimpulan kami, berkendara dengan Renault Triber cukup impresif dengan modal tenaga mesin yang responsif. (anto)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo