mobilinanews

Toyota GR Yaris Di Mata 2 Pembalap Terbaik Indonesia : Mobil Yang Sempurna!

Sabtu, 23/10/2021 21:08 WIB
Toyota GR Yaris Di Mata 2 Pembalap Terbaik Indonesia : Mobil Yang Sempurna!
Demas Agil diantara 2 unit Toyota GR Yaris yang tengah menjadi perbincangan hangat pecinta mobil cepat di Indonesia.

mobilinanews (BSD City) - Demas Agil, salah satu pembalap Toyota Team Indonesia yang mendapat kepercayaan menjadi instruktur sekaligus driver pendamping  pada Journalist Driving Experience - Toyota Gazoo Racing di Edutown Arena, BSD City, Kamis (21/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Demas Agil sekaligus merasakan betapa Toyota GR Yaris dari DNA World Rally Championship (WRC) tersebut memiliki performa, handling serta enak banget dipakai ngebut.

Pembalap dengan gelar juara nasional 9 kali ini menyampaikan impresinya yang menyebutkan GR Yaris adalah hatchback produk Toyota yang lengkap dan sempurna. 

"GR Yaris merupakan hatchback sempurna. Iya, menurut saya, mobil ini istimewa dari seluruh  sektornya," ungkap Demas Agil.

Beberapa hal menjadi fokus Demas Agil terhadap GR Yaris dari performa, handling, serta fitur all-wheel drive yang merupakan Toyota Yaris versi jalan raya dan diproduksi sangat terbatas di dunia.

"Mulai powernya yang besar banget untuk kondisi mobil harian, lalu torsinya juga, ditambah ratio gear, shiftingnya (perpindahan gigi) enak, dan koplingnya enggak berat. Terus ada distribusinya AWD juga luar biasa. Pokoknya perfect banget deh," beber Demas Agil.

Fitra Eri pilih GR Yaris kelir merah

Soal handling dirasa begitu mumpuni, karena mengaplikasi teknologi yang dipakai pereli Sebastien Ogier di ajang WRC dan kini juga tengah memimpin di klasemen sementara.

"Handling itu tadi, kalo dari AWD ini benar-benar ngebantu banget mobil untuk menjadi lebih stabil dan teknologi geometri mobilnya benar-benar lahir dari WRC. Jadi, mobil ini tuh ketaker akan jatuh kemana, kalau mobil digas lagi seberapa, kita tahu mobil akan kemana lebih kebayang handlingnya," jelasnya.

Di balik tugasnya ngebrief dan ngajarin para jurnalis peliput otomotif melakukan test drive dengan lay out tak ubahnya Special Stage mini dalam ajang reli, memang Demas Agil tak memiliki banyak waktu mengeksplore karakter kuat GR Yaris.

GT Radial Champiro HPY menopang kokoh Toyota GR Yaris

Pasalnya, unit GR Yaris pun baru tersedia saat sesi test drive tersebut dan cuma 2 unit. Sebagai informasi tambahan, Indonesia cuma kebagian 125 unit GR Yaris dan karena peminatnya hingga 600 orang akhir penentuannya dengan cara diundi.

"Saya baru pegang unit GR Yaris beberapa jam sebelum test drive dimulai, tapi bisa langsung kayak oke banget gitu. Lalu, soal pengeremannya, ini pakai yang kapasitas besar dan kemampuannya bagus banget, canggih, perfect mobil ini," tegas Demas Agil.

Selain Demas, skuad Toyota Team Indonesia yang ditugaskan sebagai instruktur adalah Adrianza Yunial merupakan peslalom senior TTI.

Di mata pembalap mobil senior, jurnalis dan youtuber otomotif papan atas Indonesia, Fitra Eri yang jug ikut sesi test drive menyebutkan GR Yaris mobil yang enak banget.

"Wah, keren nih mobil. Saya bayangin pake GR Yaris ini untuk balap di sirkuit Sentul, pasti seru banget. Dari performa, handling, pengereman, semua deh pokoknya," ujar Fitra Eri.

Makanya dia mengaku beruntung membeli unit GR Yaris ini dan masuk dalam 125 pemesan yang bakal mendapatkan unitnya setelah diundi.

"Dan gilanya, dari Toyota kan harganya Rp850an juta. Tapi saya lihat, para importir umum juga menjual unit GR Yaris ini di atas Rp1 miliar dan tetap diserbu peminat," terang Fitra Eri.

Namun dia menyarankan, lebih baik membeli di Toyota Astra Motor sebagai APM (Agen Pemegang Merek) Toyota karena dengan demikian akan mendapatkan garansi dan jaminan pelayanan purna jual yang sangat memadai.

"Saya beli yang warna merah (selain merah, juga ada warna putih) dan serah terima unit pada 13 November mendatang. Sudah tidak sabar rasanya untuk segera bisa mengendarai GR Yaris," senyum youtuber dengan 2,3 juta subscriber itu. (sya, bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo