mobilinanews

Duet Pembalap Bapak - Anak Alvin dan Avila Bahar Yang Selalu Haus Juara di Ajang Kejurnas Balap Mobil ISSOM

Jum'at, 30/12/2022 21:08 WIB
Duet Pembalap Bapak - Anak Alvin dan Avila Bahar Yang Selalu Haus Juara di Ajang Kejurnas Balap Mobil ISSOM
Avila Bahar (kiri) dan Alvin Bahar, duo pembalap andalan Honda Racing Indonesia yang menyabet gelar juara nasional balap mobil ISSOM 2022, di kelas berbeda. (foto : bs).

mobilinanews (Jakarta) - Pembalap ayah dan anak, Alvin Bahar dan Avila Bahar boleh jadi pembalap yang haus akan gelar juara. Meski tahun ini telah menjadi juara nasional balap mobil, keduanya bertekad meraih lagi pada musim depan.

"Iya, targetnya bisa mempertahankan gelar juara nasional yang saya raih tahun ini. Dan semakin tertantang, karena musim depan, banyak peserta baru dengan mobil andalannya akan turun di kelas ISTCR 3600 Max," ujar Alvin Bahar kepada mobilinanews di Citos, Jakarta Selatan, Jumat (30/12/2022) hari ini.

Avila Bahar, generasi ke-3 keluarga Aswin Bahar di ajang balap mobil

Tidak sendiri, juga hadir Avila Bahar (21 tahun) tak lain putra dari Alvin Bahar yang juga meraih juara nasional balap mobil tahun 2022, di kelas ITCR 1500.

"Kalau saya sendiri, meski langsung bisa menyabet gelar juara nasional kelas ITCR 1500 dan debut mengendarai Honda City RS Hatchback, masih belum puas. Karena merasa Honda City Hatchback masih sangat bisa dieksplore lagi di ajang balap mobil," kali ini ungkap Avila Bahar.

Sebuah pencapaian yang hebat sebenarnya untuk Avila. Mengingat, tahun ini pula, ia baru menggunakan Honda City Hatchback sebagai kuda pacunya. Pada 2021, Avila masih mengandalkan Honda Jazz. 

 Debut gunakan Honda City Hatchback, Avila langsung juara ITCR 1500

Baik Alvin maupun Avila Bahar saat ini merupakan skuad andalan tim Honda Racing Indonesia (HRI) dengan PT Honda Prospect Motor (HPM) agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia sebagai team owner dan sponsor utama.

Kalau mahasiswa semester 5 Universitas Indonesia (jurusan Komunikasi ambil Public Relations) mengaku belum puas, karena kemenangan yang dicapai pada musim balap 2022, hanya sekali menjadi juara 1 round, selebihnya pada 5 round lainnya P2 dan P3.

Alvin Bahar, telah 11 kali juara nasional balap mobil

"Avila musim depan mudah-mudahan bisa kembali menjadi juara di ITCR 1500, namun dengan torehan lebih baik. Mungkin tidak harus seluruh 6 round P1, karena tingkat persaingan di kelas itu sangat ketat, tapi paling tidak bisa lebih banyak dan lebih baik dibanding tahun ini," harap Alvin Bahar. 

Meski begitu, catatan positif dari Avila Bahar adalah konsistensi. Pada 6 round balap mobil ISSOM kelas ITCR 1500 tersebut, cucu mendiang legenda balap mobil Indonesia, Aswin Bahar ini selalu naik podium juara. 

Apa harapan Avila terhadap daddynya Alvin Bahar di ajang balap mobil Indonesia.

Honda Civic Type-R andalan Alvin Bahar di ISSOM 2022

"Kalau bisa, menjadi juara nasional balap mobil sampai 20 kali. Kan sekarang sudah 11 kali daddy juara nasional," senyum Avila sambil melirik sang daddy, yang sekaligus mentor dan coach sejatinya di ajang balap mobil.

Iya, Alvin yang juga Direktur HRI itu telah 11 kali mencetak juara nasional pada balap mobil. Dengan rincian, 9 kali bersama Honda, sedangkan 2 kali masing-masing juara nasional single seater Formula Asia tahun 1997 dan sebagai privateer di ajang balap mobil.

Sampai kapan Alvin balap mobil?

Transfer ilmu balap yang sukses dari Alvin ke Avila Bahar

"Wah, terserah Honda (Prospect Motor). Dulu bokap (Aswin Bahar, yang juga pembalap tim Honda), di umur 63 tahun, masih balap mobil dan sama kencengnya dengan saya hehe," pungkas Alvin Bahar yang tahun ini menggunakan Honda Civic Type-R di Kejurnas balap mobil ISSOM.

Selain Alvin dan Avila Bahar, satu pembalap Honda Racing Indonesia lainnya yang juga meraih juara nasional (kelas ITCR 1200 dengan menggunakan Honda Brio) adalah Nauffal Rafif Busro. (budi santen)  

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo