mobilinanews

Sensasi Sirkuit PEPSO Hills Puncakdua Eco Park Bogor Bakal Venue Kejurnas Speed Offroad 2023, View Perbukitan dan Lahan Terbuka Hijau

Senin, 23/01/2023 01:03 WIB
Sensasi Sirkuit PEPSO Hills Puncakdua Eco Park Bogor Bakal Venue Kejurnas Speed Offroad 2023, View Perbukitan dan Lahan Terbuka Hijau
Sirkuit tanah PEPSO Hills Puncakdua Eco Park Bogor, tengah bersolek untuk menjadi venue 2 putaran Kejurnas Speed Offroad 2023, 25-26 Februari mendatang. (foto : kolase)

mobilinanews (Jakarta) - Sirkuit PEPSI Hills di Pabuaran, Sukamakmur di kawasan Puncakdua Eco Park Bogor, akan menjadi venue putaran 1 dan 2 Kejurnas Speed Offroad 2023, Sabtu - Minggu, 25 - 26 Februari 2023 mendatang. 

Sirkuit PEPSO Hills dapat dikatakan sebagai sebuah hidden circuit karena terletak di area Puncakdua Eco Park dengan akses masih terbatas, namun memiliki potensi sangat tinggi.

Sebagai hasil kerja sama antara PT. Internusa Jayaraya Abadi Perkasa bersama Kementerian Pertahanan RI, area Puncakdua Eco Park dengan luas 152 hektar memiliki rencana jangka panjang  menjadi sebuah kawasan hunian berbentuk kavling siap bangun.

Penyelenggara 2 putaran Kejurnas dalam dua hari tersebut adalah CIPARAI (Cipta Para Juara Indonesia) merupakan klub baru di bawah naungan IMI Provinsi DKI Jakarta yang digawangi Wijaya Kusuma Subroto dan Ahmad Badawi. 

Tidak sendirian, dalam pelaksanaan event, CIPARAI disupport Banteng Motorsport dan Gapzoll Racing Team. 

Menurut Nugraha Hadinata, co-driver kawakan yang karib disapa Omen, PEPSO Hills adalah sirkuit baru dengan pemandangan yang istimewa. 

"Saya balap 20 tahun, baru menemukan sirkuit yang pemandangan bukit setiap sore ada kabut turun. Suhu udara 16-19 °C yang sejuk membuat nyaman peserta, dengan kontur berbukitan," ungkap Omen kepada mobilinanews. 

"Master trek, Bang Aik memberikan nuansa yang berbeda dengan sirkuit lainnya. Setiap titik yang gembur, diberikan penguatan batu koral sehinga tidak mudah rusak," lanjutnya. 

Adanya sirkuit PEPSO Hills memberikan solusi penggemar Speed Offroad Indonesia yang sempat meredup sejak pandemi, karena kesulitan mendapatkan venue yang layak dan mumpuni. 

Makanya dengan digelarnya 2 putaran Kejurnas Speed Offroad 2023 diharapkan dapat menggairahkan event khususnya speed offroad. Selain Speed Offroad, sirkuit ini juga diproyeksikan untuk event Sprint Rally. 

Penyelenggara pun membuat stimulir agar event Speed Offroad kembali diminati komunitas. Caranya, memberikan diskon khusus untuk peserta Group 2 di mana kelas Jimny 1.000cc yang dulu pesertanya membeludak, dapat berkumpul dan berkompetisi kembali. 

Disadari oleh OC (Organizing Committe), kelas 1.000cc ini sangat besar potensi komunitasnya. Makanya saat event kejurnas membutuhkan support perhatian spesial, agar mobil 1000cc dengan kondisi standar tanpa biaya besar bisa menjadi kendaraan sangat tepat untuk budget yang pas.

"Dulu, group ini pendaftarnya terbanyak. Hal ini membuat perhatian OC, untuk mengajak komunitas 1.000 cc kembali terjun, dan sebagai daya tarik agar kelas dan group ini hidup lagi dilabeli sebagai Kejurnas," harap Omen yang tahun lalu mendampingi perally H. Andy Surya Santosa di ajang Sprint Rally dan Speed Rally.   

"Selain itu, Kejurnas Speed Offroad mengakomodasi usulan komunitas setiap putaran akan ada 3 SS (Special Stage) dan diperkirakan SS 3 mencapai 6 km, sesuatu yang baru di dunia speed offroad," papar Omen. 

Hal baru lainnya, OC akan memberikan kesempatan pengenalan sirkuit pada 2 minggu sebelum hari H pelaksanaan event, sehingga para manager team dan peserta privateer dapat meninjau sekaligus mencicipi ciri khas sirkuit PEPSO Hills. 

Juga pada event yang OC-nya dipimpin bang Arman Sulaiman, dengan Ketua RC kang H. Bintang Suryadi ini, penyelenggara secara spesial menyediakan lahan untuk camping peserta maupun kru, di mana air sungai bebatuan mengalir jernih setiap saat (kecuali hujan). 

Sudah berapa persen kesiapan sirkuit PEPSO Hills Puncak, bang?

"Sudah sekitar 80 persen, ngejar mah kalau 1 bulan. Per sore pada Minggu (22/1/2023), sudah dibangun jembatan dan terowongan, target minggu depan sudah konekting langsung bisa dijajal. Sedangkan pekerjaan penguatan batu koral, sudah mencapai 70 persen," terang Omen yang juga didapuk sebagai OC. 

Wah, bakal keren nih di sirkuit PEPSO Hills Puncakdua Eco Park. (bs) 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo