mobilinanews

Pembalap Marcel Andries, Putra Tokoh Otomotif Toddy Andries Berpulang Usai Bertugas di Kejurnas Sprint Rally 2023 Malang

Senin, 22/05/2023 18:08 WIB
Pembalap Marcel Andries, Putra Tokoh Otomotif Toddy Andries Berpulang Usai Bertugas di Kejurnas Sprint Rally 2023 Malang
Mendiang Marcel Andries, dalam rekaman lensa dikenal sebagai pekerja keras dan suami yang bertanggung jawab untuk istri serta anak-anaknya. (foto : dok Gazpoll RT)

mobilinanews (Malang) - Ferdinand Marcel Andries, pembalap dan fotografer Gazpoll Racing Team berpulang pada Senin (22/5/2023) siang di RSU Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Acel - begitu sapaan akrabnya - adalah fotografer Gazpoll Racing Team. Namun saat Kejurnas Sprint Rally 2023 di sirkuit Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang kemarin, jasanya dibutuhkan tim Eurostar Garage sebagai dokumentasi tim.

Pada Sabtu (20/5/2023), menurut Ayu Wardani (istri Heru Rubiyanto, bos tim Eurostar Garage) Acel terjatuh dan kesleo saat melakukan tugas pemotretan di lintasan Sprint Rally yang berada di perkebunan tebu tersebut. Saat itu, cuaca sangat terik.

"Acel kemudian dibawa ke RSU Lawang untuk mendapatkan perawatan. Setelah membaik, Acel dibawa ke hotel dan dilarang untuk melanjutkan tugas pemotretan," ungkap Pipink, manajer Gazpoll Racing Team kepada mobilinanews.

Senin hari ini, setelah sang kakak Michael Andries (mekanik, pembalap dan scrutinering) masih dalam perjalanan ke Jakarta (lewat darat) mendapat kabar Acel telah tiada, langsung putar balik menuju Malang.

"Infonya, Acel terjatuh saat di kamar hotel. Kemudian dilarikan ke rumah sakit, namun sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Kabarnya, Acel punya riwayat penyakit jantung," sedih Pipink.

Menurut Pipink, Acel sudah seperti anggota keluarga Gazpoll Racing Team. Karena memang sudah lama bergabung dan bantu dokumentasi di tim yang berkiprah di balap mobil ISSOM, Rally, Sprint Rally, Speed Offrod dll.

"Acel juga pernah jadi pembalap Gazpoll dan adik om Mike (Michael Andries) yang sampai sekarang chief mechanic Gazpoll. Selain itu juga Acel udah akrab banget ama om Tomi Hadi (owner Gazpoll RT) dan kru yang lain. Jadi kalo ada job untuk foto-foto di luar Gazpoll, pasti dia akan konfirmasi dan prioritasin Gazpoll dulu," terang Pipink.

Bahkan untuk acara-acara pribadi, om Tomi pun selalu minta tolong ke Acel kalau untuk urusan foto-foto. "Lebih percaya Acel dibandingin cari fotografer lain. Acel udah tau selera angle-anglenya yang dimaui om Tomi," lanjutnya.

Disebutkan Acel pernah ikutan balap mobil dengan bendera Gazpoll RT. "Awal-awal Classic Race di sirkuit Sentul, sekira 2011-2013," tambahnya.

Jauh sebelum itu, Acel lama bekerja sebagai desainer (lay out) di Otomotif Group. Tepatnya di Majalah Motor. Rupanya, dia juga minat fotografi. Di sela waktu kosong, kemudian banyak bertanya kepada para fotografer di kantor Jl Panjang 8A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Acel adalah putra ke-2 dari Toddy Andries merupakan tokoh otomotif Indonesia. Toddy, saat bertugas sebagai pimpinan perlombaan balap motor (road race) dan motocross, dikenal sangat tegas sehingga disegani tim maupun pembalap.

Michael Andries adalah kakak, sedang adiknya bernama Stephan Andries.

Acel meninggalkan istri dan sepasang putra-putrinya yang tengah beranjak remaja.

Rest in Peace, Marcel Andries. (budsan)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo