mobilinanews

Blak-Blakan Pembalap Honda, Alvin dan Avila Bahar di Talk Show IIMS 2024: Sempat Tak Disupport Orang Tua Di Awal Belajar Balap

Jum'at, 16/02/2024 16:08 WIB
Blak-Blakan Pembalap Honda, Alvin dan Avila Bahar di Talk Show IIMS 2024: Sempat Tak Disupport Orang Tua Di Awal Belajar Balap
Dari kiri Alvin Bahar, Ricky Sitompul dan Avila Bahar, foto bersama usai Talk Show Motorsport Mobilinanews di IIMS 2024, JIExpo Kemayoran Jakarta. (foto: budsan)

mobilinanews (Jakarta) - Pembalap anak - bapak Avila Bahar dan Alvin Bahar yang sama-sama pembalap mobil juara nasional 2023 dan andalan tim pabrikan Honda Racing Indonesia (HRI), ternyata memiliki cerita yang "tidak mulus" di awal perjalanannya sebagai pembalap.

"Saya tidak langsung disupport papa untuk menjadi pembalap. Bahkan sopir ayah diberhentikan, ketika tahu saya menggantikan dia dengan saya yang nyopir. Saya ikut latihan balap mobil di Sirkuit Ancol, juga tanpa sepengetahuan dia," ungkap Alvin Bahar pada Talk Show Motorsport di hall C1 JI-Expo Kemayoran Jakarta, Jumat (16/2/2024) sore. 

Pada Talk Show Motorsport kolaborasi Mobilinanews dan PT Dyandra Promosindo (penyelenggara IIMS 2024) tersebut Alvin melanjutkan, rupanya mendiang sang ayah Aswin Bahar mendengar jika putranya tersebut telah mulai mahir di lintasan balap dan menjadi yang tercepat.

Alvin Bahar, tidak langsung disupport sang ayah saat awal belajar balap

"Sampai suatu ketika, pas latihan di sirkuit Ancol, tiba-tiba ada yang mendekati mobil saya dan hampir bisa melakukan overtake (mendahului). Rupanya, pembalap tersebut adalah papa," ungkap Alvin.

Setelah itu, Alvin yang kini menjadi pembalap mobil dengan rekor terbanyak sebagai juara nasional dengan 13 kali (11 kali bersama Honda Racing Indonesia) mulai mendapat perhatian dan dukungan dari Aswin Bahar yang saat itu dikenal sebagai pembalap kelas wahid dan pemilik ASDC sekolah balap.

Ternyata, pengalaman itu juga berlaku kepada Avila Bahar putra Alvin, meski dengan cara yang lebih soft. Meski acap ikut Alvin ke sirkuit untuk latihan maupun race, Avila mengaku tidak diminta sang ayah untuk ikut latihan balap. Tidak diarahkan mengikuti jejak menjadi pembalap. 

Avila Bahar, mendapat pencerahan untuk menekuni balap

"Waktu kecil, saya memang lebih suka main sepeda atau yang lain. Tapi tiap hari ketemu dan bersama papi, lama-lama penasaran juga dengan balap mobil. Saat itu, umur 11 tahun, ketika saya bilang sama papi ingin ikut latihan balap mobil. Setelah itu, saya disupport dengan dibelikan Honda Brio," terang Avila yang juga hadir pada Talk Show yang dipandu Ricky Sitompul itu.

Hampir 2 tahun, Avila digembleng latihan. Saat memasuki umur 13, Avila mulai diikutkan balapan. "13 tahun memang menjadi batas awal boleh ikut balap mobil. Karena belum bisa mendapat SIM (Surat Izin Mengemudi). Asalkan, ada surat jaminan secara tertulis dari orang tuanya," timpal Alvin.

Tidak langsung menang-menang. Avila pun harus memulai balapan dengan hasil P10, P8, P5, P3 dan seterusnya hingga akhirnya bisa raih podium juara.

Apakah Avila bisa masuk tim pabrikan Honda karena faktor Alvin? Ternyata tidak, dan Alvin cenderung untuk mendahulukan pembalap lain saat PT Honda Prospect Motor memintanya untuk melakukan seleksi pembalap baru HRI empat tahun lalu.

"Saya diminta Honda untuk memilh 5 pembalap untuk diseleksi. Saya berikan 5 nama, tapi dibalikkin oleh Honda. Minta 5 nama lagi, saya kasih lagi. Saat itu, Honda nanya, kok dari 5 nama itu tidak ada nama Avila? Saya bilang, saya nggak mau nyodorin anak saya. Saat ditanya apakah Avila kalah cepat dibanding 5 pembalap, saya bilang tidak," beber Alvin.    

Dari cerita ini, bisa digambarkan tidak ada prestasi yang diraih dengan mudah. Termasuk Avila (21 tahun) yang telah meraih 3 trofi juara nasional, dan Alvin dengan 13 piala juara nasional.

Penanya kreatif mahasiswa UGM Yogyakarta

"Dengan umur Avila yang sekarang, bisa jadi rekor saya akan dikejar oleh Alvin," pungkas Alvin.

Alvin adalah pencetak rekor pembalap mobil dengan 13 kali juara nasional. Tahun lalu, ia juara nasional kelas ITCR 3600 Max Divisi Development mengandalkan Honda Civic Type R. Sedang Avila juara nasional kelas ITCR 1500 menggunakan Honda City Hatchback RS.

Pada acara Talk Show Motorsport Mobilinanews, Sabtu (17/2/2024) esok akan hadirkan Anondo Eko (Ketua IMI DKI Jakarta dan co-driver) dan Anindita Hidayat (drifter wanita) pukul 12.00 - 13.00 WIB di Hall C1, JI-Expo Kemayoran, Jakarta.

Ricky Sitompul race comentator kondang bertindak sebagai host. (budsan)

 

 

  

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo