Sirkuit Sentul Akan Diperpanjang 300-500 Meter Lagi

Jum'at, 12/06/2015 07:26 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) – Perancang desain sirkuit paling wahid di dunia Hermann Tilke asal Jerman dijadwalkan akan datang ke Jakarta pada Senin tanggal 15 Juni besok.

Hal itu disampaikan Irawan Sucahyono dari Sirkuit Sentul Internasional. “Tilke akan melihat langsung sirkuit Sentul, lalu mendiskusikan apa yang perlu dilakukan agar layak untuk menggelar event internasional sekelas MotoGP dan F1,” ujar Irawan kepada mobilinanews.

Tilke adalah seorang arsitek dan perancang desain sirkuit modern seperti sirkuit Sepang (Malaysia), Shanghai (Cina), Singapura (malam hari), Bahrain, Valencia, Turki, Abu Dhabi hingga sirkuit Simon Bolivar (Venezuela).

Kabarnya, dari pembicaraan sebelum bertemu Senin depan itu, sirkuit Sentul akan  diperpanjang dari 300 – 500 meter lagi. Ruas yang kemungkinan akan diperpanjang adalah setelah R4 yang dekat dengan sirkuit gokart. Saat ini panjang sirkuit Sentul adalah 3,965 km.

Perpanjangan itu mutlak dilakukan untuk menambah handicap dan menambah waktu tempuh satu putaran di sirkuit Sentul. Sebagai catatan, untuk kelas Supersports 600 cc ARRC pekan lalu saja, pebalap Zamri Baba berhasil mencetak waktu 1,29 menit.

Bagaimana dengan balap MotoGP, apalagi F1?

Karena itu, perpanjangan sirkuit Sentul memang menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi. Tinggal sekarang, mendapatkan dana segar untuk perpanjangan sirkuit sekaligus renovasi lainnya agar sirkuit Sentul kembali cantik dan sexy seperti dulu.

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!