Peringkat Kecelakaan Lalin Didominasi Remaja, TOTAL Oil Bertindak!

Jum'at, 06/05/2016 10:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Merujuk data Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, setidaknya telah terjadi 62.982 pelanggaran lalu-lintas di rentang Februari – Maret 2016 yang dilakukan oleh pelajar SMA.

Sebagai langkah antisipasi, pembelajaran safety riding idealnya dilakukan sejak dini, setidaknya dimulai dari usia sekolah. Guna turut andil mengkampanyekan kesadaran berkendara yang baik dan benar, PT TOTAL Oil Indonesia (TOI) menggelar Safety Riding Clinic (4/5) di beberapa institusi pendidikan di Jakarta.

Sebagai langkah awal TOI membuka wawasan betapa pentingnya menaati rambu-rambu berikut peraturan lalin yang berlaku agar aman dan nyaman dalam berkendara di SMA Marsudirini, dilajutkan ke SMA 29 dan Universitas Pancasila.

“Dengan kondisi jalanan yang semakin padat, kesadaran akan tata berkendara yang baik dan aman memberikan life-saving skills yang seringkali dinomorduakan oleh first-time riders. Melalui Safe Riding Clinic yang Total hadirkan kali ini, Total ingin mengajak para remaja untuk mencermati tips dan trik berkendara untuk meningkatkan faktor keamanan mereka selagi menghadapi kondisi jalan di Jakarta yang cukup rentan,” ujar Christopher Kasidi, VP – Retail & Marketing TOI.

Menurut data Kementerian Perhubungan, pada tahun 2014, tercatat 59.906 kasus kecelakaan lalu lintas di mana 28.897 di antaranya meninggal dunia atau rata-rata 263 kasus kecelakaan lalu lintas per hari dan menyebabkan 78 jiwa meninggal dunia.

Statistik juga menunjukkan bahwa peringkat kecelakaan lalin (sepeda motor) mendominasi dengan persentase sebesar 71% dari seluruh kasus yang terjadi. Dilihat dari usia pengendara, tercatat 57% di antaranya adalah remaja.

Kampanye safety riding yang digencarkan oleh TOI tentunya tidaklah berdampak banyak jika para pengguna motor tidak sadar diri menjaga keselamatan berkendara dengan melakukan pola berkendara yang baik dan benar dimulai dari diri sendiri.

Ayo safety riding mulai dari sekarang!

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine