mobilinanews

Ohlins Indonesia Siap Bikin Sokbreker Ohlins Custom Untuk Semua Motor

Jum'at, 02/12/2016 10:55 WIB
Ohlins Indonesia Siap Bikin Sokbreker Ohlins Custom Untuk Semua Motor
istimewa
Eddy Saputra, ada teknik untuk meng-custom sokbreker Ohlins agar bisa dipakai untuk semua motor

mobilinanews (Jakarta) – Kabar baik disampaikan Eddy Saputra, juragan Ohlins Indonesia. Direktur PT. Sena Autopart Indonesia (SAI) itu menyakinkan, setelah tiga tahun Ohlins Indonesia berdiri, semua motor di Tanah Air bisa pakai suspensi berciri khas kelir kuning itu.

Soal mutu, sokbreker Ohlins sudah jaminan. Kenyamanan dan performa, bisa dicapai sekaligus. Plus, gengsi yang didapat jika motor sampeyan pakai sokbreker bikinan Swedia itu. Nilai jual motor bakal ikut terdongkrak!

Makanya, diakui Eddy, permintaan suspensi Ohlins di Indonesia kian beragam tipe motornya. Untung besar dong, Pak?! He he he…! Masalahnya, Ohlins di Swedia tidak produksi suspensi untuk semua produk motor. Apalagi tipe bebek alias moped yang ada di Indonesia.

“Itulah gunanya Ohlins Indonesia. Sebagai perwakilan Ohlins pusat, kami harus memenuhi permintaan pasar. Untuk itu, Ohlins Indonesia menerima pesanan suspensi Ohlins custom,” buka Eddy.

Kenapa bisa begitu, Eddy jelaskan. Pada dasarnya, tugas suspensi meredam kejutan akibat jalan tidak rata, atau akselerasi dan deselerasi agar traksi motor terjaga. Intinya sesuai peruntukan motornya, Jalan raya atau off-road.

Untuk itu, dalam membuat suspensi dihitung bobot motor, dan penggunanya. Supaya bisa menahan beban dan menjaga traksi. So, pembeda sokbreker tiap motor, hanya desain dan panjang-pendek sesuai motornya,” jelas Eddy.

Nah, soal fungsi, menurut Eddy, dengan teknologinya yang sudah tinggi, suspensi Ohlins dijamin bisa memenuhi kewajibannya sebagai peranti peredam kejut. Preload alias beban awal bisa disetel. Bahkan rebound dan compress yang diiingkan untuk mengejar kenyamanan dan performa pun bisa diatur.

Atas dasar itu, Eddy Saputra yang mewakili Ohlins Indonesia diberi pengetahuan untuk men-custom suspensi Ohlins untuk motor yang tidak diproduksi langsung.

“Ada tekniknya. Pertama kita hitung bobot motornya. Lalu liat desain original suspensinya. Baik panjang maupun lebarnya. Dari situ kita bisa pilihkan tabung dan spring mana yang paling pas, sesuai desain aslinya,” papar Eddy.

Kastemisasi berikutnya masalah mudah. Apalagi Ohlins Indonesia sudah melakukan ini di kendaraan roda empat, alias mobil. Teknisi Ohlins Indonesia bikin pegangan atas-bawah sokbreker sesuai dudukan asli motor. “Kami pakai bahan yang sama, dan pakai mesin cnc. Jadi mutunya terjaga,” pasti Eddy.

Untuk kasteminasi, Ohlins Indonesia cuma mematok ongkos Rp 1 - 1,5 juta. “Kalau sokbreker aslinya seharga 7 juta, ya harga totalnya tinggal ditambahkan ongkos custom. Silakan datang ke kantor di Jl. Cikini Raya, No. 70, Jakarta Pusat. Atau telpon ke 0838-04607070,” jelas Nana Budi Satya, manajer Sales dan Marketing Ohlins Indonesia.

Dengan trik ini, biker yang punya sokbreker Ohlins, bisa meminta bantuan Ohlins Indonesia supaya bisa diaplikasi ke motornya. Bahkan, sokbreker Ohlins yang sudah rusak pun bisa diperbaiki. Asyik, kan?! (Aries Susanto)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo