mobilinanews

MOBIL STORY: 1970, Mercedes-Benz Indonesia Berdiri

Selasa, 11/02/2020 21:30 WIB
MOBIL STORY: 1970, Mercedes-Benz Indonesia Berdiri
Pada tahun 1971, pabrik di Tanjung Priok, Jakarta, memulai produksi massal kendaraan komersial, Mercedes-Benz 911. Produksi truk kemudian diikuti oleh perakitan bus dan mobil penumpang. (istimewa)

mobilinanews (Jakarta) – Dimulai pada tahun 1970, PT Star Motors Indonesia, hasil joint venture antara Daimler-Benz AG dan PT Gading Mas didirikan sebagai agen tunggal produk Daimler-Benz di Indonesia. 

Pada tahun yang sama, pabrik perakitan baru PT German Motor Manufacturing dibangun untuk produksi produk Daimler-Benz. 

Pada tahun 1971, pabrik di Tanjung Priok, Jakarta, memulai produksi massal kendaraan komersial, Mercedes-Benz 911. Produksi truk kemudian diikuti oleh perakitan bus dan mobil penumpang.

Pada tahun 1973, PT German Motor Manufacturing memulai produksi Mercedes-Benz 200, 240 D dan 280 dari seri kendaraan W 115. 

Untuk mengakomodasi pertumbuhan produksi mobil penumpang dan kendaraan niaga, Mercedes-Benz mulai beroperasi di pabrik perakitan lokal baru yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat seluas 42 Hektar pada tahun 1982. 

Mercedes-Benz Indonesia terdiri dari tiga perusahaan, yaitu PT Mercedes-Benz Indonesia, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dan PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia.

Pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, merupakan perakitan lokal PT Mercedes-Benz Indonesia dan PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing di Indonesia. 

Saat ini pabrik telah merakit mobil penumpang tipe C-Class, E-Class, S-Class, GLC, GLE dan GLS) dan kendaraan komersial truk Axor serta sasis bus.

Pada tahun 2009, pabrik Mercedes-Benz Indonesia dinyatakan sebagai produsen otomotif dengan sertifikasi Eco-Industry dari TUV-Rheinland. 

Mercedes-Benz secara konsisten mengutamakan keramahan lingkungan, efisiensi, desain yang memikat, kenyamanan, dan keselamatan dalam mengemudi melalui inovasi teknologi terbaru yang canggih.

“Kami sangat bangga telah menjadi bagian dari acara perayaan 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia,” jelas Jung-Woo Park, Presiden Direktur PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia di Museum Nasional Jakarta (8/2/2020).

“Sejak kendaraan komersial Mercedes-Benz pertama dirakit di pabrik di Indonesia, saat itu Mercedes-Benz L 911 di Tanjung Priok, Jakarta, perusahaan kami telah menjadi bagian dari kontribusi industrialisasi di Indonesia,” ungkapnya. 

“Selain itu, kami dalam tahap perjalanan mengembangkan transportasi umum melalui bus-bus kami,” tutup Jung-Woo Park. Kiprah Mercedes-Benz di Indonesia pun secara tidak langsung turut berkontribusi dalam pembangunan negeri ini. (anto)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo