mobilinanews

Karoseri Laksana Lanjutkan Ekspor Bus Double Decker Ke Mancanegara

Senin, 24/02/2020 10:05 WIB
Karoseri Laksana Lanjutkan Ekspor Bus Double Decker Ke Mancanegara
Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah (kanan) menegaskan, pemerintah akan mendukung penuh kemajuan dunia usaha khususnya yang berorientasi ekspor. (humas.jateng)

mobilinanews (Semarang) – Karoseri Laksana asal Kabupaten Semarang, Jawa Tengah kembali lanjutkan ekspor produksi bus double decker ke mancanegara.

Dikutip dari Pikiran Rakyat, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah turut melepas 10 unit bus karya anak bangsa ini yang akan dikirim ke Bangladesh, Jumat (21/2/2020). 

Bahkan dalam waktu dekat ekspor bus yang sama akan dilanjutkan ke Filipina dan Thailand. Pada kesempatan ini Ganjar didampingi Mundjirin, Bupati Semarang. 

Selepas seremoni, Ganjar langsung menjajal bus tingkat dengan panjang 14,4 meter dan tinggi 4,1 meter tersebut, dilanjutkan dengan mengelilingi pabrik perakitan bus.

"Yang membuat saya semangat menggebu-gebu ya karena ini mau diekspor. Karoseri ini sudah ekspor ke beberapa negara, giliran sekarang adalah ekspor ke Bangladesh," jelasnya.

Ganjar mengapresiasi pihak karoseri yang memanfaatkan fasilitas kemudahan ekspor yang diberikan pemerintah.

"Saya mau sampaikan ke Pak Presiden dan Bu Menteri Keuangan, kami di Jateng sudah memanfaatkan insentif yang diberikan pemerintah. Manfaatnya sudah dirasakan, salah satunya adalah ekspor 10 bus double ke Bangladesh ini," ungkapnya.

Ganjar menegaskan, pemerintah akan mendukung penuh kemajuan dunia usaha khususnya yang berorientasi ekspor. 

Menurutnya, ekspor merupakan salah satu upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah. 

Apalagi Jateng ditarget mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar tujuh persen pada 2023 mendatang.

"Nanti saya bantu. Saya bisa telpon para dubes di negara yang prospektif untuk memasarkan produk ini. Ini bagus lho, mewah dan enggak kalah saing dengan produk luar negeri," ujar Ganjar.

Pada kesempatan yang sama, Iwan Arman, Direktur Utama Laksana menambahkan, sebelumnya karoseri Laksana sudah beberapa kali mengekspor bus ke beberapa negara. 

Diantaranya Fiji dan Timor Leste. Khusus seri double decker ini, ekspor ke Bangladesh menjadi yang pertama.

"Dalam waktu dekat, kami akan ekspor ke Filipina dan Thailand. Saat ini kami sedang penjajakan," ungkap Iwan.

Menurutnya, dukungan pemerintah berperan besar dalam kesuksesan usahanya. Diakuinya banyak sekali kemudahan dan fasilitas yang diberikan pemerintah. 

“Misalnya yang sudah saya rasakan adalah kemudahan impor untuk tujuan ekspor. Apalagi, mengurus segala perizinannya sekarang cepat, satu jam sudah selesai semuanya," tutup Iwan. 

Semoga langkah Karoseri Laksana ini dapat memacu karoseri lain untuk dapat menjalankan langkah serupa. (anto)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo