mobilinanews

Sadikin Aksa, Ultah 43 Tahun dan Pandemi Covid-19

Rabu, 03/06/2020 18:57 WIB
Sadikin Aksa, Ultah 43 Tahun dan Pandemi Covid-19
Sadikin Aksa genap 43 tahun, hadapi banyak tantangan akibat Covid-19. (foto : tribunmakassar)

mobilinanews (Jakarta) - Ketua Umum IMI Pusat, Sadikin Aksa berulang tahun ke-43 pada Rabu (3/6/2020) hari ini.

Tidak ada acara special saat orang nomor satu di induk organisasi bermotor Indonesia ini milad. Pasalnya, selain di tengah masa pandemi covid-19, ada beberapa persoalan yang harus diselesaikan.

Gegara pandemi, pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 3 Juni 1977 ini harus putar otak setelah pada Maret lalu dia harus mengeluarkan surat penundaan seluruh event balap di Indonesia tahun ini.

Namun Presdir PT Bosowa Group, Presdir PT Bosowa Berlian Motors dan Komisaris Utama PT PSM Makassar (klub sepak bola kebanggaan masyarakat Makassar dan Sulsel) ini juga memiliki tanggung-jawab moral industri otomotif tidak mati suri karena pandemi.

"Saya punya gagasan bisa menggelar event balap kembali dengan Protokol Standar Covid, setelah beberapa kali melakukan Webinar (Web Seminar) dengan FIA dan FIM. Dari Webinar itu bisa diketahui bahwa setiap negara memiliki persoalan dan cara masing-masing untuk kembali bisa menggulirkan event balap," ungkap Sadikin Aksa.

IMI Pusat juga tidak bisa sendiri, karenanya juga segera melakukan komunikasi dengan Kemenpora, Kemenkes, Gugus Tugas hingga Polri. 

Namun IMI menjadi induk organisasi bermotor anggota KONI Pusat pertama yang mengajukan diri untuk menggelar event dengan standar Covid dan Protokol Kesehatan.

"Intinya, seluruh syarat protokol kesehatan dari Menkes dan regulasi turunan dari FIA dan FIM harus bisa dipenuhi, agar event balap bisa kembali bergulir. Maka itu dengan cepat kami susun draft, lalu kami kirim ke stake holder IMI untuk memberikan masukan. Sehingga regulasinya nanti hasil dari mengakomodir usulan yang konstruktif dari stake holder namun tak meninggalkan turunan  yang dari FIA dan FIM," lanjut pria yang juga pereli senior itu.

Persoalan yang dihadapi Sadikin Aksa tidak hanya itu. Saat awal wabah virus Corona medio Maret lalu, balap Formula E yang tinggal digulirkan di kawasan Monas Jakarta juga harus dicancel.

Kemudian, Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua sedianya dihelat 20 Oktober-2 November juga diiundur menjadi Oktober 2021. Di PON tersebut, 2 cabor IMI : balap motor dan motocross dilombakan, untuk pertama kalinya menyediakan 8 medali emas.

"Juga pengunduran 2 jadwal kejuaraan dunia motocross MXGP, dari semula akhir Juni (DKI Jakarta) dan awal Agustus (Palembang), kemungkinan dipindah di akhir tahun. Namun semua masih dibicarakan, belum fix juga," tutur Sadikin Aksa.

Belum lagi soal Kompetisi Sepakbola Liga 1 di mana PSM Makassar sebagai salah satu tim favorit, juga masih kusut. Oya, karena sudah menjadi Perseroan Terbatas, tidak lagi ada Ketua Umum melainkan Komisaris Utama yang pegang policy di tim PSM.

Lalu, acara Munas IMI untuk pemilihan Ketum IMI Pusat periode 2020-2024 yang sudah diagendakan di Makassar pada akhir tahun ini on schedule atau ada perubahan, juga masih menunggu si Covid mereda.

Wajar saja jika ayah dua anak ini kemudian hanya merayakan secara sederhana namun tetap hikmat ulang tahunnya hari ini.

Teriring salam, semoga Pak SA selalu diberikan kesehatan dan sukses menjalankan amanah sebagai panglima di IMI Pusat. (bs)   

    

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo