mobilinanews

Pengurus Pusat IOX Adventure Club Dilantik, Tokoh Daerah Direkrut dan Sekjen TB Adhi!

Minggu, 21/11/2021 22:33 WIB
Pengurus Pusat IOX Adventure Club Dilantik, Tokoh Daerah Direkrut dan Sekjen TB Adhi!
Pengurus Pusat IOX semakin mekar dan akomodir offroader daerah.

mobilinanews (Yogyakarta) - Bagi offroader penyuka expedition hardcore di tanah air, tentunya tak asing lagi dengan nama Indonesia Offroad eXpedition (IOX) Adventure Club. Pasalnya event IOX menjadi tolok ukur ajang extreme adventure dan setiap event digelar ditunggu peserta.

Tahun 2021 menjadi satu dekade hadirnya IOX. Memulai debutnya pertama kali pada tahun 2012 dari Bukittinggi ke Palembang, kini IOX telah menjelajah hampir ke seluruh pulau di Indonesia.

Bersamaan dengan event IOX Java Expedition (JAVEX) 2021 yang digelar 20 November hingga 5 Desember, Pengurus Pusat IOX masa bakti 2021-2025 dilantik. Bertempat di Rooftop Apartement Uttara The Icon atau lebih dikenal Hotel Pulang ke Uttara di Yogyakarta pada Sabtu (20/11/2021) malam.

Sri Hascaryo yang lebih dikenal panggilan Yoyok selaku Ketua Umum IOX Adventure Club Periode 2016-2020 masih dipercaya sebagai Ketum periode 4 tahun berikutnya. Itu berdasarkan hasil Munas IOX secara virtual bulan lalu dengan Sekjen Tubagus Moerinsyahdi atau TB Adi.

Dilihat dari struktur kepengurusan baru, yang menarik diisi offroader kawakan nasional dari Sumatera, Jawa, Kalimantan hingga Sulawesi.

"Ini bagus orang daerah banyak masuk dalam kepengurusan sekarang," tutur Alex Musni Haffas, Ketua IOX Aceh yang kini masuk Pengurus Pusat.

Alex Musni Haffas dan 18 personel lainnya masuk dalam Track Committee yang diketuai Syamsir Alam. Memang ada banyak nama tokoh dari daerah. Seperti Alpian Piuk (Sumsel), Syamsul Bahri (Bengkulu), R Marwan Indra Saputra (Riau) dan Riza Bastaman Matondang (Sumut). Itu baru dari Sumatera lho!

Sedangkan dari daerah lain, ada Leo Firmanto (Bandung), Wahyu Lamban Jatmiko (Yogyakarta), Sovan Drajat Balianto (Malang), Jhonnyanto Bubun dan HM Sugian Noor (Kalsel), serta Firza Muzaffar (Sulawesi). Boleh disebut, tokoh sentral daerah ada dalam kepengurusan IOX yang baru dilantik.

Ini bagus, sebab kepengurusan IOX terus dikembangkan. Selain roda 4, roda dua dirt bike, overland dan semacam sepeda gunung yang sedang   diakomodir, di event ultimate berdurasi 5-7 hari kemungkinan nanti disisip semacam kompetisi.

 "Diharapkan dengan bertambahnya bidang bidang olahraga offroad di IOX, sistem kontrol dan pengawasan di daerah semakin sinergi. Apalagi tokoh offroad daerah banyak bercokol di track committee," sebut Alex Musni Haffas.

"Iya sudah betul itu pengurus tidak sentralisasi melainkan melibatkan putra daerah yang sesuai dengan ilmunya masing-masing. Tujuannya agar chapter IOX di daerah didorong untuk melaksanakan berbagai kegiatan di daerahnya maing-masing," ujar Handy Kiatarto, Ketua IOX Yogyakarta.

"Sebenarnya gak ada bidang yang baru, cuma dipertegaskan atau lebih fokus lagi. Salah satunya overland mobil dan motor. Selain itu, untuk ikut Main Event IOX  setiap peserta harus jadi anggota dulu dan harus lolos  pra-event yang diadakan chapter. Jadi sebagai ajang seleksinya di daerah," beber Yuri Kusweri, Ketua I IOX Pusat.

Yaps! Peserta event JAVEX 2021 sengaja dibatasi 99 mobil dengan kuota alumni IOX (60 mobil), undangan (10 mobil) dan alumni pra event (29 mobil). Ekspedisi dimulai dari Yogyakarta menuju Merapi (Cangkringan, Kaliadem, Klangon) - Ponorogo - Trenggalek - Blitar dan finish di Bromo (Luk Songo).

Inilah event offroad bergengsi untuk diikuti. (bangve)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo