mobilinanews

Sesuai Regulasi FIA dan Bisa Diikuti Berbagai Brand, ISTCR 3600 Max di ISSOM Akan Jadi Kelas Balap Masa Depan?

Sabtu, 08/10/2022 01:08 WIB
Sesuai Regulasi FIA dan Bisa Diikuti Berbagai Brand, ISTCR 3600 Max di ISSOM Akan Jadi Kelas Balap Masa Depan?
Honda Civic Type R yang digunakan Alvin Bahar di kelas ISTCR 3600 Max ISSOM 2022 adalah produksi tahun 2017 dengan mesin standar alias tidak dimodifikasi apapun.

mobilinanews (Bogor) - Ternyata ada cerita menarik terkait di Kejurnaskannya kelas ISTCR 3600 Max pada balap mobil ISSOM 2022 ini.

Ide ini disebutkan dari Ananda Mikola yang kini adalah Waketum Olahraga Mobil IMI Pusat. Mantan pembalap A1 Indonesia ini pengin melihat balap mobil di Indonesia seperti di Eropa.

Sesuai ketentuan FIA, sebaiknya mobil balap berumur paling tua 15 tahun. Idealnya, kelas tersebut dimungkinkan bisa diikuti mobil dari berbagai brand dan relatif baru sehingga tidak perlu  banyak modifikasi dan minim perawatan.

Saat ini, di kelas ISTCR 3600 Max baru diikuti Honda Civic Type R dan BMW. Namun jika sosialisasi kelas ini semakin digencarkan maka akan semakin banyak pesertanya.

"Ini kan kelas baru, jadi belum banyak yang tahu bahwa sebenarnya banyak mobil dari berbagai brand bisa ikutan di ISTCR 3600 Max," ujar Alvin Bahar, peserta kelas ISTCR 3600 Max yang menggunakan Civic Type-R.

Alvin menambahkan pembalap senior nan andal sekelas Budiyanto dan Aldio Oekon saja ternyata belum tahu lebih detil terkait regulasi ISTCR 3600 Max.

"Misalnya mobil BMW 2000cc, agar mendekati 3600 cc tinggal dipasang turbo. Civic Type R yang saya pakai itu keluaran 2017, artinya umurnya 5 tahun. Tapi untuk bisa ikut balap, hanya ganti sokbreker dan knalpot aja. Lainnya masih standar semua. Mesin juga cuma cek kompresi aja," terang Alvin Bahar.

Setelah tahu soal regulasinya, maka Budiyanto dan Aldio Oekon pun tertarik untuk ikutan pada putaran balap mobil ISSOM mendatang.

Alvin pun yakin jika tahu ada kelas ISTCR 3600 Max digelar di balap mobil ISSOM di sirkuit Sentul, akan banyak yang ikutan. Karena sebenarnya adanya kelas ini, orang yang memiliki mobil baru harga sekitar Rp 1 miliar ke atas dengan spec regulasi ISTCR 3600 Max bisa menyalurkan hobi ngebutnya di sirkuit Sentul.

Tak pelak, ISTCR 3600 Max diprediksi bakal menjadi kelas balap masa depan. Ternyata ada balapan dengan mobil spec mobil relatif baru, sesuai ketentuan FIA di antara balap "mobil retro" di ISSOM. (bs)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo