mobilinanews

Rekor 3 Generasi Pembalap Keluarga Bahar: Aswin, Alvin dan Avila Raih Juara Nasional, di Tim Pabrikan Sama

Selasa, 03/01/2023 01:28 WIB
Rekor 3 Generasi Pembalap Keluarga Bahar: Aswin, Alvin dan Avila Raih Juara Nasional, di Tim Pabrikan Sama
Alvin Bahar (kiri) dengan Honda Civic Type R dan Avila Bahar dengan Honda City Hatchback yang mengantar keduanya meraih juara nasional balap mobil ISSOM 2022. (foto : budsan)

mobilinanews (Jakarta) - Ada banyak bapak dan anak sebagai pembalap. Ada juga yang balapan di race yang sama, dan sama-sama juara. Tapi, di kelas Kejurnas semua gak?

Rasanya memang tidak banyak, atau malah belum ketemu ada pembalap bapak - anak yang sama-sama juara nasional di musim balap yang sama, dalam satu tim, dan pada tim pabrikan kenamaan yang sama.

Diwakili Irvan Bahar, momentum Alvin Bahar dan Aswin Bahar dalam satu podium juara

Eh, ada ding ternyata setelah dicermati lagi. Adalah keluarga Bahar, yakni Alvin Bahar (bapak) dan Avila Bahar (anak) yang tahun ini meraih gelar juara nasional di ajang balap mobil ISSOM.

Iya, Alvin Bahar juara nasional di kelas ISTCR 3600 Max, sedangkan Avila Bahar juara nasional kelas ITCR 1500. Dan mereka ternyata dari tim pabrikan sama : Honda.

Alvin Bahar saat balap single seater Formula Asia di Djarum Racing Team

Nama timnya, Honda Racing Indonesia (HRI). Alvin Bahar turun balapan menggunakan Honda Civic Type-R, sedangkan Avila Bahar andalkan Honda City Hatchback RS. 

Wah, gimana rasanya menjadi juara nasional bersamaan dengan anak di ajang balap mobil ISSOM?

Silsilah 3 generasi balap di tim pabrikan sama yaitu Honda

"Yang pasti, ya seneng banget. Dulu, saat satu podium juara dengan Avila (tahun 2018) di kelas ITCR Max aja udah happy banget. Nah, tahun ini, saya juara nasional, dia juga juara nasional. Bangga banget campur aduk jadi satu," ujar Alvin Bahar kepada mobilinanews.

Ternyata, tidak stop sampai di situ. Menurut Alvin Bahar, dia juga pernah satu podium dengan (mendiang) Aswin Bahar, sang ayah pada ajang balap mobil ISSOM di Sentul International Circuit, Bogor. 

Avila Bahar menunggu perusahaan rokok membranding mobil balapnya

"Jadi, ceritanya di Kejurnas Fastron Pertamax Touring Car Champhionship tahun 2007. Saya juara 1 kelas Super Touring, bokap juara 4. Tapi saat itu yang naik podium Irvan, adik saya mewakili karena pas penyerahan piala itu saya harus turun balapan lagi di kelas lain," ungkap Alvin Bahar.

Yang menariknya lagi, keduanya saat itu, berstatus sebagai pembalap di tim pabrikan yang sama : Honda. 

Alvin dan Avila Bahar, momentum satu podium kelas ITCR Max 2018

Tiga Generasi Bahar di Tim Pabrikan Honda

Dengan direkrutnya Avlla Bahar ke Honda Racing Indonesia, sejarah pun dicetak keluarga Bahar. Tiga generasi balap keluarga itu "secara turun temurun" menjadi skuad Honda Racing Indonesia bukan karena KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme), melainkan karena prestasi. 

Terbukti, baik mendiang Aswin Bahar, Alvin Bahar serta Avila Bahar seluruhnya telah berhasil mencetak prestasi menjadi juara nasional. Terakhir tentu Avila yang mempersembahkan gelar terhormat itu untuk HRI pada musim balap 2022.

Avila Bahar, langkahnya masih panjang

Keluarga pembalap tiga generasi, bahkan empat generasi pun ada di Indonesia. Namun, yang berada dalam satu tim, semua pernah menyandang predikat juara nasional, hingga saat ini ya baru keluarga Bahar.

"Masih ada tambahan lagi. Selain pernah menjadi juara nasional balap single seater Formula Asia tahun 1997 memperkuat Djarum Racing Team, saya juga pernah balap dengan bendera Gudang Garam Honda Racing Team pada 2006-2007. Balap di kelas Super Touring yang sekarang namanya jadi STCR," tutur Alvin Bahar.

Alvin Bahar, cetak rekor dan sejarah balap mobil Indonesia

Nah, yang menarik, sebelumnya sang ayah, Aswin Bahar juga pernah membela bendera Gudang Garam di ajang balap mobil. 

"Jadi tinggal Avila nih yang belum "dibranding" perusahaan rokok, Gudang Garam atau Djarum. Kalau someday misalnya Gudang Garam memerlukan skill Avila untuk berlaga di ajang balap mobil regional atau international, berarti komplit ada 3 generasi balap yang meraih juara nasional, di tim pabrikan sama serta pernah disponsori perusahaan rokok," senyum Alvin Bahar menutup perbincangan. (bs, ig: @budisanten)   

 

 

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo