mobilinanews

Adopsi Sistem Penilaian WorldSBK, Ada Superpole di Kejurnas Balap Motor Oneprix 2023, Live On TVOne!

Sabtu, 18/03/2023 01:01 WIB
Adopsi Sistem Penilaian WorldSBK, Ada Superpole di Kejurnas Balap Motor Oneprix 2023, Live On TVOne!
Eddy Horison, Race Director Kejurnas balap motor Oneprix 2023. (foto : ist)

mobilinanews (Bogor) - Kejurnas balap motor OnePrix 2023 yang akan mulai digulirkan pada Sabtu - Minggu (18-19/3/2023) menelorkan inovasi baru. Yakni sesi Superpole untuk pembalap kelas Expert.

Yakni sesi di mana 9 besar pembalap teratas hasil QTT, melakukan balapan selama 10 laps. Nah, hasil dari sesi Superpole ini yang akan menentukan posisi start untuk 9 pembalap tadi.

Tak hanya itu, 9 pembalap tersebut juga akan mendapatkan poin dari sesi Superpole. Yakni tercepat pertama mendapat 12 poin, kedua dengan 9 poin, ketiga dengan 7 poin dan seterusnya sampai peringkat 9 dengan mendapat 1 poin.

"Sebenarnya, ini bukan hal baru. Tetapi sudah lama diterapkan di kejuaraan dunia Superbike (WorldSBK), yang telah 3 kali dilangsungkan di sirkuit Mandalika Lombok, NTB. Kalau baru bisa diterapkan di musim ini, karena kebetulan ada slot yang kosong," ungkap Eddy Horison, Race Director Oneprix 2023 kepada mobilinanews.

Itu pun, lanjut Eddy Horison, sudah dibikin versi Oneprix. "Hanya hari Sabtu dilangsungkan Superpole, setelah sesi QTT. Posisi start race 2 hari Minggu, mengikuti hasil Superpole hari Sabtu," lanjut Eddy Horison.

Dengan adanya Superpole ini, maka penghitungan poin tidak hanya dari race 1 dan race 1 di mana juara 1 mendapat 25 poin, juara 2 dengan 20 poin, juara 3 dengan 16 poin, hingga peringkat 15 mendapat 1 poin.

"Nanti di klasemen sementara pembalap kelas OP1 (Expert) usai round 1 Oneprix 2023, akan ada 3 tabel poin yaitu Superpole, Race 1 dan Race 2," lanjut dedengkot balap motor Tanah Air asal Pekanbaru yang dengan kemampuan, pengalaman dan passion-nya tak tergantikan posisinya sebagai Race Director.

Yang jelas, adanya sesi Superpole ini, positifnya perebutan poin sudah dimulai sebelum race berlangsung. Serta, lebih mudah memprediksi siapa  bakal menjadi pembalap yang naik podium juara, karena rasanya dari 9 riders yang lolos ke sesi Superpole ini.

Lalu, apa negatifnya? Nggak ada hehe.

TVOne akan menyiarkan langsung Oneprix 2023 round 1 pada Sabtu - Minggu (18-19 Maret) untuk kelas OP2 Novice dan OP1 Expert mulai pukul 14.00 WIB. (budsan)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo