mobilinanews

Diwarnai Berbagai Drama, Memen Harianto dan Rimhalsyah Raih Trofi Juara 1 AXCR 2023 di Thailand - Laos

Senin, 21/08/2023 03:08 WIB
Diwarnai Berbagai Drama, Memen Harianto dan Rimhalsyah Raih Trofi Juara 1 AXCR 2023 di Thailand - Laos
Memen Harianto (tengah) menerima trofi juara AXCR 2023 didampingi Chonlanat Phopipad dan Rimhalsyah. (foto : dok tim)

mobilinanews (Laos) - Perally dan offroader senior Memen Harianto akhirnya sukses mencapai prestasi tertinggi sebagai juara 1 kelas T1-G (Bensin) di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 yang berakhir di Laos, Sabtu (19/8/2023).

Memen Harianto bersama Rimhalsyah, didampingi Chonlanat Phopipad (co-driver dari Thailand) dengan bendera Indonesia Cross Country Rally Team, mencapai podium tertinggi dengan penuh drama.

"Ya, boleh dibilang begitu. Kemenangan penuh drama di ajang AXCR 2023 di Thailand dan Laos kali ini. Namun di situ serunya," ujar Memen Harianto kepada mobilinanews. 

Bagaimana tidak, dalam 6 Leg rally selama enam hari dengan menempuh total jarak sekitar 2.000 km tersebut, harus melewati route ekstrem dan menantang ala AXCR.

Namun diawali Bismillah, putra kelahiran Lubuk Linggau, Sumatra Selatan ini, bersiap mengikuti rally cross yang banyak disebut sebagai Dakar Rally Asia ini dengan lahir dan batin. 

Bersiap bentangkan bendera Merah Putih di seremonial finish

Toyota Hilux Revo lansiran 2020 dengan mesin konfigurasi V8 3UZFE dan gearbox AX-15 yang belum sempat ditest saat persiapan di Indonesia namun dengan segala keyakinan langsung dibesut ke ajang AXCR 2023 yang terkenal keras.

Drama itu terjadi (lebih tepatnya handicap) pada Leg 2 (hari kedua) yang harus kehilangan waktu 40 menit akibat problem fuel-pump yang mendera Hilux Revo V8-nya.

Lalu, pada Leg 3 bahkan sempat mengalami mobil klonthang (terbalik) saat tiba-tiba harus menekan rem mendadak di sebuah tikungan hairpin yang sempit.

Beruntung, mobil dapat dikembalikan ke posisi semula dengan dibantu perally dari Jepang yang notabene rivalnya. Memen pun bisa kembali melanjutkan lomba.

Dan di sinilah menariknya AXCR. Meski sesama rival pun saling bantu, jika ada yang mengalami masalah yang menimpa perally.

"Leg 4, drama berlanjut saat membesut mobil dengan kecepatan tinggi di lintasan gravel, ban kanan belakang pecah akibat melindas paku besar," ungkap Memen. 

Trofi juara 1 AXCR 2023, hasil jerih payah 6 hari rally cross penuh drama 

Pada Leg 5 (hari kelima) saat melibas lintasan hi-speed, tiba-tiba kedua ban mobil sebelah kanan pecah, sehingga harus diganti semua. Berarti dia harus melanjutkan lomba dengan tanpa ban cadangan (ban cadangan hanya dua sesuai regulasi). Memen dan Rim Rim juga kehilangan banyak waktu.

"Namun tak kami duga, pada 2 kilometer jelang finish SS 5, ban belakang kanan kembali pecah, dan kita sudah tidak ada ban cadangan. Kami paksakan selesaikan finish dengan "mobil pincang" dan tentu saja melaju mobil lambat hingga masuk ke service area," tutur Memen.

Beruntung, usai Leg 5 itu ternyata para rivalnya pun mengalami kendala serupa - pecah ban, kerusakan suspensi hingga mesin - sehingga posisi Memen di kelas T1- bisa merangsek ke posisi pertama kelas T1-G dan ranking overall juga rebound naik setelah sempat tersungkur ke posisi 20an.

Dengan selisih waktu sekitar 1 jam dari rival terdekatnya, trio Memen, Phopipad dan Rim Rim lalu memilih main aman di Leg 6 (atau Stage terakhir) menemupuh rute 52 kilometer dan berhasil menembus finish line di Pakse, Loas dengan predikat P1.

"AXCR kali ini sangat seru, benar-benar petualangan berat namun mengasyikan. Kami bisa bertahan dan terus konsisten dengan pace yang dijalani sejak awal lomba. Finally, Alhamdulillah bersyukur di AXCR 2023 ini bisa menjadi juara kelas T1-G dan overall ke-16," beber Memen.

Tentu sebuah pencapaian bagus dan target pun tercapai berkat dukungan kru tim, semua pihak serta support para sponsor. "Semoga tahun depan kita bisa lebih baik lagi," senyum Memen.

"Terima kasih kepada para sponsor yaitu Telkom Indonesia, Pertamina, Racepace Suspension, JNE, Furukawa Battery dan Ban Delium. By the way, Racepace Suspension sangat oke melibas rally sepanjang 2000 kilometer ini. Tetap semangat dan kita akan bertarung lagi di AXCR tahun depan," sambung Rimhalsyah, yang selalu setia mendampingi Memen. (bs) 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo