mobilinanews

ISSOM 2023 : Kembali Rebut Trofi Juara ITCR 1200, Naufal Rafif Busro Buka Rahasia Settingan Honda Brio RS

Senin, 18/09/2023 19:08 WIB
ISSOM 2023 : Kembali Rebut Trofi Juara ITCR 1200, Naufal Rafif Busro Buka Rahasia Settingan Honda Brio RS
Naufal Rafif Busro (tengah) bersama juara 2 dan 3 di podium kemenangan kelas ITCR 1200 ISSOM 2023 seri 4 di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (17/9/2023)

mobilinanews (Bogor) - Sebuah kekalahan dijadikan pelajaran bagi Naufal Rafif Busro (16 tahun), pembalap andalan Honda Racing Indonesia. Tak hanya itu, kekalahan yang dialami di seri 3 ISSOM 2023 lalu, Naufal juga bersikap sportif. 

Meski, ada embel-embel di belakangnya : Persiapkan revans untuk round berikutnya. Dan, Naufal pelajar kelas 3 SMA Lab School Cirendeu, Pondok Cabe, Tangerang Selatan membayar lunas pada seri 4 Kejurnas Balap Mobil ISSOM 2023 di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (17/9/2023) kemarin. 

Line up, bersiap start

Iya, Naufal berhasil merebut kembali trofi juara 1 kelas ITCR 1200 dari Amato Rudolph (Toyota Gazoo Racing Indonesia) melalui pertarungan seru pada balapan 12 lap.

Padahal, Naufal yang mengandalkan Honda Brio RS start dari posisi kedua. Sedangkan Amato menjadi yang tercepat QTT dan Superpole sehingga start sebagai pole position.

Naufal Rafif Busro, selalu optimis dan bersemangat

Selepas lampu hijau menyala tanda balapan dimulai, Naufal langsung berusaha menyerang. Namun Amato dengan All New Agya GR Sport cukup tangguh bertahan gempuran dari gempuran rivalnya itu.

"Setelah 2 lap seperti terhalang tembok, saya tetap fokus melakukan serangan. Di R4 (tikungan 4), masuk lap 3, saya lihat ada sedikit celah ketika Amato agak melebar, saya tak mau buang waktu langsung masuk dan berhasil," ujar Naufal.

Start dari posisi 2, akhirnya Naufal finish P1

Sembilan lap yang tersisa dari total 12 lap bukan hal mudah bagi Naufal, karena Amato juga mencoba balik menekan. Beberapa kali keduanya dalam jarak rapat, namun Naufal yang kali ini tidak ditemani kedua orang tuanya, sangat disiplin menjaga racing line. Hingga akhirnya berhasil menembus finish line pertama.

"Waktu QTT, mobil speednya nurun jadi berat. Namun setelah disetting lagi oleh tim mekanik Honda Racing Indonesia, mobil akhirnya kembali seperti semula di hari Minggu : mobil menjadi lebih enak. Ada sedikit perubahan pada kaki-kaki, suspensi," terang Naufal.

Usai menang, diinterview untuk live streaming Hondasime

Menurut Naufal, dari keterangan Koh Iman sebagai chief mechanic HRI, Honda Brio RS masih bisa didevelop lagi. "Semoga seri depan bisa lebih kencang lagi," senyum Naufal. 

Abraham "Abe" Busro, ayahanda Naufal yang juara nasional balap mobil ETCC 2017, merasa bersyukur dan terharu, putra bungsunya itu akhirnya bisa kembali memenangi kelas ITCR 1200, yang terlepas pada seri 3 ISSOM lalu.

Sempet mejen di QTT, tapi Honda Brio kembali joss di race hari Minggu

"Sangat terharu. Dia menunjukan perlawanan yang sangat luar biasa, sementara saya dan mamanya, enggak bisa datang ke sirkuit Sentul mensupport Naufal karena lagi ada di luar kota (lagi di Medan, Sumatra Utara)," ungkap Abraham Busro.

"Alhamdulilah, teman-teman dari Honda Racing Indonesia juga secara total mensupport Naufal. Semoga ke depan, dia bisa mempertahankan posisinya, dan kembali menjadi juara nasional ITCR 1200. Amin," tambahnya. 

Congrats, Naufal. (bs)

 

 

    

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo