mobilinanews

Aspal Baru Sirkuit Sentul, Lap Time Bakal Lebih Bagus?

Jum'at, 30/10/2020 00:23 WIB
Aspal Baru Sirkuit Sentul, Lap Time Bakal Lebih Bagus?
Haridarma Manoppo, aspal baru biasanya lap time berubah menjadi lebih cepat di Sentul International Circuit. (foto : bs).

mobilinanews (Jakarta) - Sirkuit Sentul sebagai satu-satunya sirkuit international permanen di Indonesia, sudah selesai melakukan overlay atau pengaspalan ulang.

Berbeda dari pengaspalan sebelumnya yang hanya di beberapa bagian saja, tetapi pada kali ini seluruh permukaan sirkuit mendapat aspal baru berkat CSR dari PT Pertamina dan Pemda Kabupaten Bogor.

Dengan kondisi aspal yang lebih baik, dan tidak ada permukaan yang tidak rata, memang menjadi sebuah tantangan bagi pembalap yang biasa berlaga di ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM).

Dengan aspal baru tersebut, apakah catatan waktu atau lap time yang dihasilkan oleh pembalap bisa lebih baik lagi?

Bagi Haridarma Manoppo, pembalap Toyota Team Indonesia, menjelaskan bahwa memang biasanya ada improve antara aspal yang lama dengan aspal yang baru.

"Biasanya iya, ada improve catatan waktu dan bisa mempengaruhi best time," ujar Haridarma kepada mobilinanews.

Hal ini dikarenakan permukaan yang lebih baik, serta traksi ban pada aspal yang lebih sempurna bisa menjadi penyebab catatan waktu lebih baik lagi.

Bahkan hal tersebut bisa saja bertambah lebih baik lagi jika ditopang dengan settingan mesin yang sesuai.

"Karena kalau yang sudah-sudah kaya gitu. Aspalnya bagus, biasanya catatan waktu ada improve sedikit-sedikit," tambah Haridarma.

Namun, meski sudah melihat langsung kualitas aspal dan pengerjaannya, Haridarma belum bisa memastikan seperti apa catatan waktu yang dihasilkannya nanti.

Masih menurut pembalap berkulit eksotis ini, untuk mobil biasanya tidak begitu banyak improvenya dan lebih banyak improve pada balap motor yang diselenggarakan di sirkuit Sentul.

"Saat ini belum bisa memperkirakan berapa besar improvenya, karena kan belum melakukan test. Kalau gokart, sebagai patokan, dengan aspal baru biasanya ada improvenya. Dan lagi pula kalau mobil itu improvenya tipis-tipis, mungkin balap motor yang bisa improve lebih baik lagi," tandasnya. (hf)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo