mobilinanews

Test Drive All New Honda Accord Menuju Bandung, Ketagihan Sport Mode

Senin, 29/07/2019 20:01 WIB
Test Drive All New Honda Accord Menuju Bandung, Ketagihan Sport Mode
All New Honda Accord dilengkapi fitur keamanan yang diberi nama Honda Sensing

mobilinanews (Bandung) - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengemas kegiatan test drive All New Honda Accord dengan kemasan sedikit berbeda. Sesi test drive kali ini dibagi dalam dua tahapan.

Sesi pertama, para peserta test drive yang merupakan para jurnalis otomotif dari berbagai media nasional diperkenalkan dengan fitur Honda Sensing, teknologi keselamatan yang memang dikembangkan khusus oleh Honda.

Lokasi pengujian bertempat di Sirkuit Bridgestone, Karawang, Jawa Barat. Di area ini, para jurnalis mendapat kesempatan untuk merasakan langsung fitur-fitur Honda Sensing seperti yang telah kami bahas sebelumnya. (Baca: Fitur Safety Honda Sensing di All New Accord Bikin Takjub). 

Setelah puas menjajal beragam fitur keamanan Honda Sensing yang meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS), Road Departure Mitigation System yang terintegrasi dengan Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System, serta Adaptive Cruise Control, saatnya mencoba sensasi free drive menuju kota Bandung via tol Cipularang. 

Soal kenyamanan tidak ada yang perlu dikomplain. Berstatus sebagai sedan premium, All New Accord sudah mempertimbangkan semua indikator yang menyangkut dengan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang.

Hal pertama yang ingin kami rasakan adalah duduk di kursi penumpang baris kedua. Alasannya, mobil ini target marketnya adalah pebisnis ataupun eksekutif muda yang memiliki karakter elegan. Jadi Honda pun pasti menghadirkan kabin yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyamanan eksekutif "jaman now".

Di kursi baris kedua, bangku penumpang bisa diatur secara elektrik dengan jumlah 4 arah. Selain lapang dan lega, interior Accord dirancang untuk memberikan kemudahan khususnya dari sisi utilitas seperti spot charger serta beberapa cup holder dan bottle holder. Di kursi belakang juga terdapat armrest yang bisa dilipat. 

Tak perlu berlama-lama berimajinasi layaknya Direktur di kursi belakang, karena rasa penasaran kami lebih besar untuk menjajal performa mobil.

Duduk di bangku kemudi, anda bisa mengatur posisi senyaman mungkin karena disediakan pengaturan 12 arah, plus memory seat yang bisa menyimpan dua posisi kursi.

All New Accord mengusung mesin DOHC 1.5 liter VTEC Turbo yang merupakan pengembangan dari mesin turbo yang pertama kali diperkenalkan pada Honda Civic tahun 2016.

Mesin tersebut membuat All New Accord mampu menyemburkan output tenaga hingga 190 dk di 5.500 rpm dengan torsi maksimal 260 Nm pada rentang 1.600 hingga 5.000 rpm.

Memacu All New Accord di tol Cipularang terasa begitu menyenangkan. Apalagi mobil ini menyediakan dua mode berkendara yakni ECON dan Sport Mode. Saat mode ECON aktif beberapa fungsi operasional secara otomatis akan disesuaikan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar.

Tapi, menurut kami untuk melesat di tol, mode Sport jelas menjadi pilihan terbaik. Mode ini meningkatkan performa mesin, torsi dan akselerasi yang responsif. 

Sensasi mengemudi juga didukung oleh paddle shift di roda kemudi. Sesekali kami mencoba melakukan downshift untuk mendapatkan reaksi engine brake. Waw, sungguh mengagumkan dan feelnya terasa seperti mengendarai sportscar.

Hal lain yang tidak kalah penting, selama perjalanan di tol dari Karawang menuju Bandung, fitur Lane Keeping Assist System (LKAS) terus bekerja memberi peringatan saat mobil melebar keluar jalur. Karena belum puas di sesi sebelumnya, kami secara sengaja tidak melakukan koreksi hingga All New Accord mengambil alih kemudi untuk mengembalikan posisi mobil ke lajur yang semestinya. Keren!

Fitur LKAS ini akan aktif secara otomatis jika mobil melaju dalam kecepatan di atas 72 km/jam. Namun fitur ini tidak akan mengganggu pengemudi jika memang ingin berpindah lajur, karena jika memang kemudi stir diarahkan ke kanan atau ke kiri oleh pengemudi, maka sistem tidak mendeteksi hal tersebut sebagai potensi bahaya.

Masao Nakano, Assistant Large Project Leader Honda Accord, Honda R&D menjelaskan bahwa fitur Honda Sensing hanya membantu pengemudi untuk mengurangi potensi kecelakaan. "Pelaku utamanya adalah tetap pengemudi, Honda Sensing hanya fitur pendukung keamanan. Jadi jangan terlalu menggantungkan keselamatan berkendara kepada fitur. Berkendaralah dengan aman," ujar Nakano.

All New Honda Accord tersedia dalam empat pilihan warna, yakni Platinum White Pearl, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic dan Lunar Silver Metallic. All New Honda Accord dijual dengan harga Rp 698.000.000,- (harga on the road wilayah Jabodetabek & estimasi BBN 2019. (adr) 

 

All New Honda Accord

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo